Pariwara
Hukum & Kriminal

Diduga Negara Merugi Sekira Rp 400 Juta, Mantan Kasatpol PP Wakatobi Diganjar Pasal Berlapis

PASAL: Tersangka inisial LOA (dua dari kiri) yang juga mantan Kasatpol PP Wakatobi sebelum ditahan oleh penyidik Kejari Wakatobi. LOA diganjar pasal berlapis. IST

KENDARIPOS.CO.ID — Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Wakatobi menerapkan pasal berlapis kepada mantan Kepala Satpol PP Wakatobi berinisial LOA. Pria yang menakhodai Satpol PP tahun 2015 itu disangkakan pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 UU Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Hal itu diungkapkan Kepala Kejari Wakatobi, Dr. Muh.Irfan Jaya, SH, MH melalui Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Wakatobi, Rudy, SH, MH, kemarin. Kata dia, tersangka LOA diduga menyalahgunakan wewenangnya dalam pengelolaan keuangan di Satpol PP Wakatobi tahun 2015. “Bahwa dalam pengelolaan keuangan terdapat penggunaan keuangan yang diduga fiktif dan dipertanggung jawabkan dengan bukti pertanggungjawaban yang tidak sah,” ujar Rudy, SH kepada koran ini, Senin (6/8).

Sebut saja, penyediaan senjata pelontar gas air mata dan pengadaan pakaian seragam anggota Satpol PP Wakatobi dan pengadaan AC yang diduga fiktif pada tahun 2015. Lalu, honorarium dan uang lauk pauk bagi tenaga kontrak Satpol PP diduga tidak dibayarkan. Tak hanya itu, pengadaan empat unit komputer dan tiga unit laptop diduga fiktif, sehingga merugikan keuangan negara sekira Rp 400 juta. “Tersangka sudah kami tahan,” ungkap Rudy, SH.

Adapun ancaman hukuman pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yakni pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top