Pariwara
Ekonomi & Bisnis

BI Optimis Rupiah Menguat Lagi

Bank Indonesia. Foto: Jawa Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) memiliki ruang untuk berbalik menguat dengan masih adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri. Meskipun demikian, analis AAEI Reza Priyambada mengatakan, masih adanya kemungkinan permintaan USD untuk safe haven membuat peluang tersebut sedikit redup, sehingga Rupiah rentan dengan potensi kembali melemah.

Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.492-14.480. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah,” ujarnya Senin (6/8).

Reza menjelaskan, pergerakan Rupiah di akhir pekan belum menunjukan adanya perbaikan dimana masih melanjutkan pelemahannya. Sejumlah sentimen positif mewarnai pergerakan Rupiah namun, tampaknya tidak banyak direspon karena pelaku pasar lebih memilih memegang USD seiring masih adanya sentimen perang dagang AS-Tiongkok.

Padahal laju USD sedikit melemah terhadap sejumlah mata uang utama dunia dengan adanya perkiraan pertumbuhan data ketenagakerjaan AS yang cenderung melambat. Akibatnya USD terlihat menguat terhadap Rupiah. Sejumlah sentimen positif dari dalam negeri tersebut seperti pernyataan BI dimana akan tetap mengambil langkah-langkah preventif, front-loaded, dan ahead of the curve untuk menjaga kestabilan Rupiah.

“Optimisme BI yang terlihat optimis aliran dana asing akan terus mengalir ke pasar dalam negeri seiring dengan arah kenaikan Fed Fund Rate yang sesuai ekspektasi pasar,” tuturnya.

Ditambah, imbauan pemerintah kepada para pengusaha untuk membawa devisa hasil ekspor ke dalam negeri. (JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top