Pariwara
Politik

291 Berkas Bacaleg di Kolut Masih Diverifikasi

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Utara (Kolut) tengah sibuk memverifikasi berkas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). Satu persatu dokumen Bacaleg diteliti keabsahannya. Untuk bisa ditetapkan dalam daftar calon sementara (DCS), berkas Bacaleg harus memenuhi persyaratan.

“Sebanyak 291 dokumen Bacaleg yang tengah diverifikasi. Untuk saat ini, kami belum bisa menentukan berapa Bacaleg yang akan gugur. Sebab kami masih menelaah berkas (Bacaleg) yang masuk,” kata Sumardin Pere, Komisioner KPUD Kolut saat ditemui, Senin (6/8).

Sejauh ini, pihaknya belum bisa memastikan berapa Bacaleg yang berstatus ASN dan mantan napi. Namun untuk bisa lolos, Bacaleg harus memenuhi persyaratan. Dalam penyusunan daftar calon sementara (DCS), KPU akan merujuk pada aturan.

“Hingga kini, belum diklasifikasikan. Kami masih konsen memverifikasi berkas pencalonan. Yang pastinya, semua berkas harus terpenuhi. Bacaleg yang memenuhi syarat saja yang nantinya akan dimasukan dalam penyusunan DCS,” ujar Koordinator Divisi Teknis KPU Kolut.

Setelah ditetapkan, DCS kembali akan diumumkan. Masyarakat bisa memberi masukan dan tanggapan terhadap DCS. Tanggapan masyarakat bisa saja menjegal langkah Bacaleg. Terlebih bila ada laporan yang menyebabkan Bacaleg tidak memenuhi syarat pencalonan.

“Masyarakat akan diberi hak untuk menanggapi dan memberi masukan selama sepuluh hari terkait track record Bacaleg. Namun KPU tetap memberikan ruang pada calon melakukan klarifikasi. Jadi tanggapan masyarakat yang masuk akan diakomidir,” jelasnya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top