Pariwara
Politik

13 Bacaleg Konut Dinyatakan Gugur

Asmul

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Konawe Utara (Konut) terus mengerucut. Pada tahap pengembalian berkas, sebanyak 13 Bacaleg dinyatakan gugur oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konut. Baik karena alasan tidak memenuhi syarat (TMS) maupun lantaran tidak mengembalikan berkas perbaikan sesuai jadwal.

“Saat ini, Bacaleg yang akan diverifikasi berkasnya tersisa 247 orang. Jumlah ini berkurang dibandingkan perdaftaran lalu sebanyak 260 orang. Pada saat pengembalian berkas, ada beberapa Parpol yang tidak sempat melengkapi dokumen Bacalegnya seperti PPP untuk Dapil III dan Dapil II serta PKS di Dapil III. Makanya, kami nyatakan TMS,” beber Amsul, Komisioner KPUD Konut saat ditemui, Senin (6/8)

Koordiantor Divisi Teknis dan Partisipasi Masyarakat KPUD Konut menambahkan komposisi Bacaleg pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) mendatang kemungkinan akan berubah. Sebab untuk masuk ke tahapan selanjutnya, berkas Bacaleg harus memenuhi syarat. Saat ini, pihaknya masih melakukan verifikasi administrasi. Kepastian berapa Bacaleg yang bertahan baru akan ketahuan saat pleno penetapan daftar calon sementara (DCS).

“Kita belum pastikan berapa jumlah calon semua. Karena tahap verifikasinya masih sementara berlangsung. Sebab batas verifikasi sampai tanggal 7 Agustus (hari ini). Kemudian dilanjutkan penyusunan DCS dan penetapan DCS,” ujarnya.

Berdasarkan PKPU nomor 5 tahun 2018, penyusunan dan penetapan DCS sambungnya, akan dilaksanakan mulai tanggal 8-12 Agustus. Hasil pleno DCS selanjutkan akan diumumkan selama tiga hari melalui media massa dan elektronik.

“Dari hasil pengumuman DCS kita akan lihat sejauh mana tanggapan masyarakat terhadap DCS yang sudah diumumkan. Jadi saat ini masih sementara verifikasi, jadi bisa saja masih ada calon yang tidak memenuhi syarat. Artinya belum mutlak 247 bacaleg itu lolos,” pungkasnya. (b/min).

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top