Pariwara
Wakatobi

Warga Pulau Tomia di Wakatobi Nikmati Listrik 24 Jam

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
LISTRIK 24 JAM : Bupati Wakatobi, H. Arhawi (ketiga dari kanan) saat mengunjungi Kantor PLTD PLN di Pulau Tomia. Warga di pulau tersebut kini dapat menikmati penerangan listrik 24 jam.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah penantian cukup panjang, warga di Pulau Tomia akhirnya bisa menikmati pelayanan listrik selama 24 jam. Bupati Wakatobi, H. Arhawi memberikan apresiasi dan penghargaan pada seluruh jajaran PT PLN yang telah bekerja keras mewujudkan listrik 24 jam di salam satu wilayah kendalinya. “Alhamdulillah, listrik 24 jam untuk Pulau Tomia akan kita nikmati mulai dari sekarang,” kata Arhawi, Sabtu (4/8).

Sayangnya, masih ada dua wilayah di Tomia yang hingga kini belum dialiri listrik yakni Desa Patua 2 dan Runduma. Pemkab berharap, dengan diresmikannya pelayanan listrik selama 24 jam bisa berimbas positif untuk dua desa tersebut. Ketua DPRD Wakatobi, Muhammad Ali, juga berharap hal yang sama. Ia secara langsung meminta agar pihak PLN memikirkan solusi untuk kedua desa tersebut. Sehingga pelayanan listrik di Tomia bisa dirasakan secara merata.

“Begitu juga dengan Desa Wawotimu yang saat ini masih bergantung pada pembangkit listrik tenaga surya. Pihak PLN mohon dipikirkan,” harapnya. Menanggapi hal ini, Manajer PLN Area Baubau, Arief Budi Kurniawan, menyebut untuk Desa Patua 2 saat ini masih dalam proses. “Kalau Runduma mungkin tahun 2019 karena satu pulau. Jadi perlu pembangkit dan juga jaringan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan untuk kapasitas mesin di Pulau Tomia saat ini sebesar 2,9 mega atau setara 2.900 KW. Sehingga untuk seluruh desa dan kelurahan di pulau ini bisa diatasi dengan kapasitas ini. “Sementara beban puncak yang terjadi pada malam hari hanya sampai 0,8 mega atau 800 KW saja. Untuk cadangannya sebanyak 1,1 mega,” tambahnya. Di lain sisi, Manager PLN Rayon Wangiwangi, Bahtiar, menyebut untuk Pulau Tomia sejauh ini masih terbilang sehat. Pasalnya, kewajiban pelanggan masih dilakukan dengan baik.

“Tapi kita kembali mengingatkan jika sudah waktunya membayar jangan menunggu penagih yang datang baru bayar alangkah baiknya jika dibayar secepatnya,” ungkapnya. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top