Pariwara
Politik

Verifikasi Berkas, KPUD Koltim Gandeng Panwaslu

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Timur (Koltim) punya cara tersendiri dalam memaksimalkan proses verifikasi berkas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). Dalam meneliti keabsahan dokumen Bacaleg, pihak penyelenggara turut menggandeng Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat.

Komisioner KPUD Koltim, Adly Yusuf Saepi mengatakan proses verifikasi berkas tidak hanya dilakukan di kantor. Bila diperlukan, sewaktu-waktu KPU akan turun di lapangan bersama Panwas. Terutama untuk memastikan kesamaan nama di kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), ijazah dan dokumen lainnya yang diajukan ke KPU saat pendaftaran.

“Dalam proses verifikasi, kami tetap libatkan Panwas. Bila memang ada data yang diragukan, kami dan Panwas akan turun bersama memastikan keabsahan dokumen tersebut. Misalnya, bila ada ijazah yang dianggap janggal. Nanti kita akan cek bersama ke sekolah yang menerbitkan ijazah tersebut,” kata Koordiantir Divisi Hukum dan Pengawasan KPUD Koltim saat dikonfirmasi, Minggu (5/8).

Alumnus Univeristas Muhammadiyah Jakarta ini memastikan tak ada satu pun dokumen palsu yang bisa lolos. Makanya, semua berkas akan diteliti dengan cermat. Jika dalam proses identifikasi, KPU menemukan adanya Bacaleg yang memalsukan dokumennya langsung akan dilaporkan ke pihak berwajib.

“Berkas yang masuk sekitar 300-an. Satu persatu dokumennya akan diteliti. Sesuai tahapan, pelaksanaan verifikasi ini akan berlangsung hingga tanggal 7 Agustur (esok). Calon yang tidak memenuhi syarat, tentunya akan kita coret,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Divisi Pengawasan Panwaslu Koltim, Abang Putra Laliasa mengaku terus melakukan pemantuan. Sejak awal pendaftaran hingga tahap verifikasi berkas, pihaknya turut meneliti dokumen Bacaleg bersama KPU. Melalui pengawasan ketat, pihaknya ingin memastikan proses verifikasi ini berjalan sesuai aturan.

“Kami tetap konsen melakukan pemantauan. Terkadang kami turun langsung ke lapangan bersama KPU untuk memastikan keabsahan dokumen Bacaleg. Beberapa waktu lalu, sempat ada keraguan KPU menyangkut ijazah seorang Bacaleg. Namun sejauh ini, belum ada dokumen palsu yang ditemukan,” imbuhnya. (b/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top