Space Iklan
Pariwara
Politik

Validasi DPSHP, KPU Kendari Siap Benahi Pemilih Ganda

KENDARIPOS.CO.ID — Pemutakhiran data pemilih telah masuk ke tahap perbaikan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP). Saat ini, seluruh tanggapan yang masuk kembali digodok Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari sebelum ditetapkan dalam DPSHP akhir. Tidak hanya pemilih yang baru terdata, namun juga pemilih tidak lagi memenuhi syarat hingga pemilih ganda.

“Kami cukup yakin pemilih ganda di DPSHP kemarin bisa dituntaskan. Untuk memastikan hal itu, KPU telah menginstruksikan jajarannya di tingkat kecamatan dan kelurahan melakukan penelusuran. DPSHP yang ada saat itu terus dicermati satu persatu sebelum dipleno di masing-masing tingkatan,” kata Jumwal Saleh, Ketua KPU Kota Kendari usai menggelar koodinasi dengan PPK dan PPS se-Kota Kendari akhir pekan lalu.

Hingga kini, pria yang akrab disapa Alex ini mengaku belum mengetahui jumlah pemilih ganda yang telah teridentifikasi. Namun ia memastikan jumlah tidak signifikan. Hanya saja, hal ini tetap menjadi perhatian KPU. Dengan begitu, daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 benar-benar valid.

Rapat koordinasi ini sambungnya, juga bagian dari upaya penyelenggara mencermati perbaikan DPSHP. Selain membangun sinergitas di tingkat bawah, KPU ingin memastikan semua persoalan daftar pemilih ganda ataupun yang baru bisa dirampungkan.

“Dalam pertemuan ini, kita bisa langsung melakukan penyisiran data yang ganda, baik dalam satu kelurahan atau antar keluarahan maupun
antar kecamatan. Kami juga melakukan validasi data pemilih tambahan yang masuk melalui tanggapan masyarakat,” jelasnya.

Tahap perbaikan DPSHP ini akan berlangsung hingga tanggal 15 Agustud mendatang. Namun prosesnya harus didahului melalui rapat pleno PPS dan PPK. Terakhir, rekapitulasi DPSHP akhir akan dilaksanakan KPU Kota Kendari mulai tanggal 15-21 Agustus 2018. “Hasil pleno KPU ini, nantinya akan disampaikan ke KPU Sultra untuk selanjutkan ditetapkan menjadi DPSHP akhir,” ujarnya.

Setelah tahapan ini, ada dilanjutkan penyusunan DPT Pemilu 2019. Sebelum ditetapkan, ia tetap berharap warga yang belum terdaftar bisa melapor ke PPS setempat. Untuk bisa terdaftar, mereka harus membawa kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top