Pariwara
Konawe

Pemkab Konawe Masih Utang Rp 2 M di Konut

Marthen Minggu

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe sebagai daerah induk masih menyisakan utang pada Pemkab Konawe Utara (Konut). Besarannya Rp 2 miliar. Semestinya utang Konawe sudah harus diselesaikan pada tahun 2018 lalu berdasarkan kesepakatan yang dimediasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra yang turut dihadiri BPKAD masing-masing daerah. Sayangnya, kewajiban Pemkab Konawe tersebut hingga saat ini belum juga direalisasikan.

Kepala BPKAD Konut, Marthen Minggu, mengungkapkan, tunggakan utang Pemkab Konawe sudah cukup lama. “Sejak Konut akan menjadi daerah otonom baru (DOB) pada tahun 2007 lalu. Anggaran itu terbagi beberapa sumber yaitu dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), dana bagi hasil (DBH), pendapatan asli daerah (PAD) serta dana hibah dari provinsi dan kabupaten induk. Nah, yang sisa utang itu ada pada dana hibah dari Konawe ke Konut sebesar Rp 8 miliar untuk pemekaran,” urai mantan Kepala Inspektorat Konut tersebut, akhir pekan lalu.

Marthen Minggu menuturkan, dari dana hibah Rp 8 miliar yang diperuntukan bagi Konawe Utara, ternyata tidak berjalan normal. Sehingga masih tersisa Rp 2 miliar. “Karena setiap tahun Pemkab Konut selalu memasukkan sebagai pendapatan. Dengan tidak dibayarkan tahun berjalan itu, maka memengaruhi belanja kita sebesar Rp 2 miliar,” sebutnya.

Ia menegaskan, masalah itupun sudah difasilitasi Kemendagri dan Kemenkeu yang disaksikan langsung pihak BPKAD Sultra pada tahun 2017 lalu. Dalam kesepakatan, Pemkab Konawe berjanji akan melunasi pada Maret 2018. “Sebenarnya bukan hanya Konut, tapi Pemkab Konawe juga masih berutang ke Konawe Kepulauan. Kalau untuk Konkep besarannya Rp 8,5 miliar. Harapan kita agar Pemkab Konawe merealisasikan kesepakatan yang sudah ditetapkan,” desak Marthen Minggu. (b/min)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top