Space Iklan
Pariwara
Metro Kendari

Pedagang Pasar Panjang Ingin Kembali, Pemkot Kendari Bergeming

PENGEMBANGAN KAWASAN : Aktivitas kendaraan yang memuat material di kawasan eks Pasar Panjang Kelurahan Bonggoeya. Pemkot menata kawasan dengan percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur. Tak boleh lagi ada aktivitas pedagang di sana. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah pedagang masih ingin kembali beraktivitas di eks Pasar Panjang. Mereka meminta dimediasi oleh DPRD Kota Kendari agar mendapat keadilan versi mereka. Sebab, ada beberapa diantaranya mengaku memiliki sertifikat kepemilikan lahan di pasar dimaksud. Namun, Pemkot kukuh menegakkan aturan. Pedagang diingatkan untuk tidak lagi membangun kios yang sudah dirobohkan.

Dewan sudah menghadirkan instansi di Pemkot Kendari, seperti Satpol PP, Dinas PU, dan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) ke hadapan para pedagang. Pemkot tetap kukuh dengan keputusan menertibkan pasar itu dan melarang pedagang kembali menjual di sana.

Kepala BPPRD Kota Kendari, Nahwa Umar mengatakan meski pedagang berkeras, pemerintah tetap tidak bisa memberikan izin untuk berjualan di eks Pasar Panjang. “Sesuai perjanjian bahwa pasar itu sifatnya sementara dan penggantinya sudah siap, Pasar Sentral Wuawua sudah ada sejak tahun 2017. Sudah beberapa kali kita bersurat agar mereka pindah, jadi penertiban yang dilakukan itu sudah langkah terakhir, ” ungkap Nahwa Umar, akhir pekan lalu.

Sementara itu, Plt.Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kota Kendari, Mahmud Buburanda mengatakan kawasan di eks Pasar Panjang sudah jelas peruntukannya bukan untuk pasar. Itu sudah tertuang dalam peraturan daerah tentang tata ruang dan wilayah Kota Kendari. “Kelurahan Bonggoeya itu untuk pemukiman, bukan untuk pasar. Itu jelas diatur dalam Perda kita,” kata Mahmud Buburanda.

Saat ini Pemkot tengah meningkatkan kualitas jalan di jalur pasar panjang itu. “Saat ini kita lagi pelebaran jalan. Drainase juga dibikin. Kita tata kembali jalan di sana dan itu untuk warga kota,” ungkap Mahmud Buburanda. Pantauan koran ini, beberapa pedagang pasar panjang masih bertahan di sana. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top