Pariwara
HEADLINE NEWS

Nabung Rp 20 Ribu Perhari, Penjual Ikan Asin dan si Tukang Bentor di Baubau Naik Haji

BAHAGIA: Rasit bersama Istrinya saat ditemui di rumahnya, sesaat sebelum berangkat menuju embarkasi Makassar, akhir pekan lalu. JCH asal Kota Baubau ini berhasil mewujudkan mimpinya ke Tanah Suci berkat kesabarannya mengumpulkan rupiah lewat ojek bentor. Foto: Akhirman/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Orang yang punya kelebihan harta tapi belum naik haji, harusnya malu dengan Wa Iha dan Rasit. Jamaah calon haji (JCH) asal Kota Baubau ini meski tidak memiliki penghasilan tetap, namun bisa menunaikan rukun Islam kelima tersebut. Wa Iha (75) menabung selama 20 tahun dari hasil jualan ikan asin, sedangkan Rasit hanya tukang ojek becak motor (bentor).

Wa Iha tak bisa membendung air matanya usai dilepas secara resmi menuju Tanah Suci, akhir pekan lalu. Warga Kota Baubau berusia 75 tahun ini tidak menyangka doanya dikabulkan Allah SWT. Keinginannya untuk menggapai Kabah akhirnya akan kesampaian.

“Alhamdulillah, doaku sejak puluhan tahun lalu dikabulkan. Selama ini, saya rela membanting tulang demi bisa menabung untuk naik haji,” ujar Wa Iha sambil sesekali menyeka air matanya.

Sejak 20 tahun lalu, Wa Iha memang sudah menjadi single parent. Dia ditinggal meninggal oleh suaminya La Mbale. Dia juga memiliki empat orang anak. Sejak ditinggalkan sama suaminya, setiap hari, dia menapaki jalan menuju Pasar Karya Nugraha untuk menjual ikan asin. Dari hasil jualanya itu, ia sisihkan sebagian untuk tabungan haji.

“Setiap hari saya simpan kadang Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu. Tapi kalau ikan keringku laku banyak, sehari saya bisa tabung Rp 100 ribu. Sebaliknya, kadang juga tidak ada yang ditabung jika tidak laku,” jelasnya.

1 of 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top