Pariwara
Metro Kendari

Masyarakat Harus Dilibatkan Dalam Penanganan Jalan di Sultra

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Penyediaan anggaran yang tidak berbanding lurus dengan panjang jalan yang harus ditangani Pemprov Sultra menyebabkan sejumlah ruas jalan provinsi belum tertangani optimal. Dari total panjang jalan provinsi yakni 1009,28 kilo meter (Km), Pemprov hanya mampu menangani 302,8 Km setiap tahunnya dengan anggaran sekira Rp 200 miliar.

“Jalan yang ditangani ini sudah termasuk perintisan jalan baru dan pemeliharaannya. Terbatasnya anggaran ini menyebabkan persoalan jalan selalu ada, baik akibat jalan belum tertangani ataupun akibat kerusakan jalan,” kata Rundubeli Hasan, Kepala Bidang Bina Marga Dinas SDA dan Bina Marga Sultra saat berdiskusi dengan sejumlah wartawan di daerah, akhir pekan lalu.

Mengatasi terbatasnya anggaran, maka menurut Rundubeli, perlu pelibatan masyarakat dan berbagai stakeholder dalam menangani persoalan jalan. Pelibatan masyarakat itu nantinya akan diorganisir melalui Sistem Pemeliharaan dan Pengawasan Jalan Sultra (Sipenjaga).

Keterlibatan masyarakat itu tentu akan sangat membantu mengatasi persoalan jalan yang bersifat mendesak. Diantaranya memasang rambu bila ada jalan rusak, sehingga pengguna jalan bisa terhindar dari kecelakaan. Minimal masyarakat bisa segera melaporkan ke pihak terkait bila ada jalan rusak. “Masyarakat memiliki keterbatasan untuk memperbaiki jalan, tapi dengan menginformasikan ke pihak terkait maka tentu akan segera diambil langkah penanganan,” tutur Rundubeli Hasan.

Rundu menganggap mendesak membentuk Sipenjaga ini. Olehnya, pihaknya telah melakukan serangkaian diskusi dengan berbagai pihak guna terwujudnya Sipenjaga jalan di Sultra. “Kami akan menggelar FGD terkait penerapan Sipenjaga ini. Kami minta dukungan dan partisipasi media untuk terselenggaranya Sipenjaga ini,” kata Rundu. (wal).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top