Pariwara
Kolaka Utara

214 JCH Kolut Menuju Jeddah

HUMAS PEMKAB KOLUT DAN KOLAKA FOR KENDARI POS
JCH BERANGKAT : Proses serah terima JCH, termasuk asal Kolaka Utara dari Kanwil Kemenag Sultra ke PPIH embarkasi Makassar, minggu(5/8).

KENDARIPOS.CO.ID — Para jemaah calon haji (CJH) asal Kolaka Utara (Kolut) dijadwalkan meninggalkan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pukul 07.15 Wita, Senin (6/8). Mereka akan melakukan perjalanan udara kurang lebih 10 jam menuju Jeddah, Saudi Arabia. Kepala Kemenag Kolut, H. Baharuddin, menjelaskan, usai para JCH meninggalkan Kolut pada Sabtu (4/8) dan langsung diinapkan di Asrama Haji Sudiang, Makassar. Proses serah terima dari pihak Kanwil Kemenag Sultra ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Makassar juga telah dilakukan pukul 08.00 Wita, Minggu (5/8).

“Tiba malam hari di Makassar. Menginap dulu dan hari ini (minggu (5/8)) pemeriksaan terakhir jemaah sebelum diterbangkan,” ujar H. Baharuddin. JCH Kolut memang tak bergabung dengan para jemaah asal Sultra lainnya karena mengambil rute terdekat via Pelabuhan Penyeberangan Feri Tobaku-Siwa dan melintasi daratan Sulsel menuju Makassar menggunakan roda empat. Kolut berada pada kelompok terbang (Kloter) 24 yang bergabung dengan para JCH asal Pangkep, Sulsel. “Semua proses lancar,” katanya.

Rombongan JCH asal Bumi Patampanua itu akan berada di udara kurang lebih sepuluh jam sebelum transit di Bandara Internasional King Abdul Aziz yang berjarak sekira 19 kilometer utara Kota Jeddah. Para jemaah akan menuju Madinah dengan menempuh perjalanan sekitar 409 kilometer (245 mil). Sementara itu untuk menuju Makkah dari Madinah diperkirakan panjang perjalanan 435 kilometer.

“214 jemaah tersebut akan menginap di sektor sembilan wilayah Misfalah. Jamaah bisa berjalan kaki menuju Masjidil Haram karena jaraknya cukup dekat atau kurang lebih satu kilometer saja. Selain itu, bisa juga menggunakan bus. Jika akan memasuki Masjidil Haram, mereka akan melalui bab (pintu) Ajyad yang terletak berseberangan dengan Menara Zam-zam atau Abraj Al-Bait dan kembali melalui jalur itu setelah melakukan prosesi tawaf dan sa’i.

Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar, pada kesempatan berbeda berpesan agar para jemaah bisa saling menjaga dan memerhatikan kondisi kesehatannya. Setiap rangkaian ibadah pada beberapa lokasi berbeda, membutuhkan tubuh yang fit. “Selamat sampai tujuan dan semoga menjadi haji mabrur,” harapnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top