Pariwara
Politik

Masa Tanggapan Selesai, DPSHP Mulai Diperbaiki

Andang Masnur

KENDARIPOS.CO.ID — Daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) telah diumumkan untuk dimintai tanggapan masyarakat. Untuk memvalidkan data pemilih, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe melanjutkan perbaikan DPSHP melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Komisioner KPUD Konawe, Andang Masnur mengatakan seluruh PPS telah menyampaikan DPSHP ke masyarakat sejak tanggal 31 Juli lalu. Selama tujuh hari, KPU telah menerima masukan.

“Sekarang DPSHP masih dalam perbaikan di tingkat PPS sampai tanggal 12 Agustus mendatang untuk diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” ujar Koordinator Divisi Program dan Data KPU Konawe saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/8).

Tanggapan yang masuk kata dia, masih akan divalidkan. Untuk bisa diakomidir dalam daftar pemilih, tanggapan harus disertai bukti yang otentik. Misalnya, pemilih yang memenuhi syarat namum belum sempat terdata harus dilengkapi dengan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

“Jumlah DPSHP ini belum bisa diketahui pastinya. Sebab masih akan bergerak. Kita juga fokuskan ke pemilih pemula yang barus saja bisa memilih. Saat ini, PPS sudah melakukan pendataan. Makanya, angkanya masih akan bertambah atau berkurang sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT),” terangnya.

Untuk diketahui, hasil pleno KPUD Konawe jumlah DPSHP mencapai 165.950 pemilih. DPSHP bersumber dari DPT Pilkada serentak, pemilih tambahan dan pemilih pemula yang telah diperbaiki. “Berdasarkan jumlah pemilih per-kecamatan, pemilih terbanyak di Unaaha yakni 16.566 orang disusul Wawotobi 15.280 pemilih dan Tongauna 11.916 pemilih. Sedangkan tiga daerah yang paling sedikit juga yang paling jauh yakni Kecamatan Routa 1.940 pemilih, Asinua 1.957 pemilih dan Latoma 1.991 pemilih,” pungkasnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top