Space Iklan
Pariwara
Politik

421 Berkas Bacaleg di Kolaka Masih Diteliti

KENDARIPOS.CO.ID — Selama tujuh hari, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka akan meneliti berkas hasil perbaikan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). Berdasarkan berkas yang masuk, sebanyak 421 dokumen Bacaleg akan diverifikasi sebelum ditetapkan dalam daftar calon sementara (DCS) pemilih calon anggota legislatif (Pilcaleg) 2019.

Ketua KPUD Kolaka, Nur Ali mengatakan proses penyerahan berkas telah diserahkan. Sebanyak 16 partai politik (Parpol) mampu mengembalikan berkas hasil perbaikan sesuai jadwal. Berdasarkan tahapan, KPU telah memulai penelitian berkas sejak tanggal 1 Agustus lalu.

“Hingga tanggal 7 Agustus, kami akan memverifikasi berkas Bacaleg. Saat ini, kami belum bisa memastikan apakah ada calon yang belum memenuhi syarat (BMS) atau memenuhi syarat (MS) lantaran masih dalam proses penelitian,” kata Nur Ali saat dikonfirmasi, Jumat (3/8).

Dalam proses verifikasi berkas, pihaknya merujuk pada PKPU. Untuk bisa diakomodir dalam DCS, Bacaleg harus memenuhi syarat pencalonan. Makanya, KPU meminta agar Parpol melengkapi seluruh berkas pencalonan. Jika tidak, maka ada kemungkinan Bacaleg yang diajukan dinyatakan gugur.

“Hasilnya, nanti akan diumumkan. Kalau ada yang tidak memenuhi syarat, maka namanya akan langsung dicoret tanpa mengubah nomor urut calon,” ujarnya. (c/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top