Pariwara
HEADLINE NEWS

36 Ribu Jamaah Haji Jalani Rawat Jalan

RAWAT: Salah seorang jamah haji asal Indonesia sedang mengalami rawat jalan kaena faktor kelelahan. Foto: JPNN

KENDARIPOS.CO.ID — Sampai dengan hari ke- 17 penyelenggaraan haji di Arab Saudi, para jamaah sudah mulai terlihat kelelahan dan sakit. Sejumlah keluhan seperti letih dan flu dialami jamaah haji bahkan harus dirawat jalan.

Catatan Kementerian Kesehatan, jumlah jamaah haji yang dirawat jalan sebanyak 36.502 orang. Mereka terdiri dari 36.304 jamaah rawat jalan di Kloter oleh Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dan 198 jamaah dirawat jalan di Bandara oleh tim mobile.

Pelayanan kesehatan, selain diberikan oleh TKHI dan Tim Mobile, juga dilakukan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) baik di Madinah maupun di Makkah. KKHI Madinah telah menerima 181 rujukan, dan saat ini sedang merawat inap 26 jemaah. Sementara KKHI Makkah telah menerima 67 rujukan,dengan 43 jemaah diantaranya masih dirawat di KKHI.

Kepala Bidang Kesehatan Arab Saudi, Melzan Dharmayuli mengingatkan agar jamaah selalu memperhatikan kesehatannya. Salah satunya jangan sampai terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan.

“Banyak minum, cukup istirahat, dan hubungi TKHI di kloter masing-masing untuk rutin memeriksa kesehatan,” katanya, Jumat (3/8). Para jamaah juga diberikan penyuluhan. Para jamaah harus gunakan penutup kepala seperti payung, topi atau sorban untuk mengurangi paparan sinar matahari, memakai masker saat beraktivitas di luar pondokan, banyak minum, rajin makan buah dan sayur, dan gunakan alas kaki.

Jamaah juga diingatkan untuk rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta dari toilet. Serta diingatkan untuk tidak jajan sembarangan. Melzan mengingatkan kepada jemaah gelombang 2 yang baru datang agar menjaga kesehatannya. “Mereka sedang semangat-semangatnya. Fisik masih bugar, jadi selalu kita ingatkan haji masih lama. Mereka harus ke Arafah dan lanjut ke Madinah untuk Arbain. Tetap jaga kesehatan. Jangan karena baru, sangat semangat sampai melalaikan kesehatannya,” pesan Melzan.

Melzan menyebutkan untuk jamaah haji yang wafat saat ini jumlahnya sebanyak 21 jamaah. Penyebab wafat terbanyak adalah kardiovaskular sebanyak 13 orang. Lokasi wafat terbanyak di pondokan/hotel sebanyak 8 orang.

Jamaah haji Indonesia terus berdatangan di Makkah. Baik dari Indonesia melalui Jeddah (gelombang 2) ataupun jemaah gelombang 1 dari Madinah. Sampai dengan 2 Agustus pukul 17.00 Waktu Arab Saudi tercatat sudah tiba 278 kloter (111.918 jemaah), di mana 66,96 persen atau 74.938 adalah jemaah dengan risiko tinggi (Risti) kesehatan. (ika/JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top