Pariwara
Politik

Validkan Data Pemilih, KPU Kendari Cermati Tanggapan Masyarakat

KENDARIPOS.CO.ID — Pengumuman daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) telah berakhir. Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari tengah mencermati seluruh tanggapan masyarakat yang masuk. Baik pemilih tambahan maupun pemilih yang dianggap tidak memenuhi syarat.

“Alhamdulillah, partisipasi masyarakat menanggapi DPSHP cukup besar. Hanya saja, semua masukan dan tanggapan yang masuk masih harus dicermati. Untuk diakomodir dalam daftar pemilih, harus dilengkapi dengan bukti,” kata Jumwal Saleh, Ketua KPU Kota Kendari, Jumat (3/8).

Tanggapan masyarakat yang masuk per kelurahan kata dia, bervariasi. Bila merujuk laporan panitia pemungutan suara (PPS), ada sejumlah kelurahan yang menjadi catatan. Pasalnya, respon masyarakat cukup tinggi. Namun berapa jumlahnya baru akan dipastikan setelah hasil perbaikan DPSHP rampung.

“Tidak hanya menanggapi, sejumlah warga juga ada yang mengecek keberadaannya dalam DPSHP. Bagi mereka yang belum sempat terdaftar, nantinya mengisi form C6. Untuk bisa dimasukan, mereka harus membawa KTP-el. Sejauh ini tanggapan masyarakat yang masuk mayoritas karena belum terdaftar di DPSHP, dan sebagian kesalahan identitas,” kata pria yang akrab disapa Alex ini.

Mengenai adanya pemilih ganda, KPU belum menerima laporan masyarakat. Hanya saja, KPU tetap akan menyandingkan dengan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) untuk memastikan keakuratan data pemilih. Terutama pemilih tambahan Pilgub yang diakomodir dalam DPSHP.

“Belum ada satu pun laporan mengenai pemilih ganda. Tapi kami tetap akan memastikan hal itu dalam Sidalih. Semua data ganda baik nama maupun NIK akan terlacak dalam Sidalih,” ujarnya. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top