Pariwara
Metro Kendari

Tower Haji Diestimasi Butuh Rp 120 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sultra masih konsisten untuk membentuk embarkasi. Selama bertahun-tahun, jemaah calon haji (JCH) di Sultra harus terbang lebih dulu di embarkasi Makassar, Sulsel lalu bertolak menuju Jeddah, Arab Saudi.

Untuk punya embarkasi, Kemenag Sultra harus punya tower (menara) haji. Lembaga yang dipimpin Abdul Kadir itu sudah memenuhi dokumen yang disyaratkan Kemenag RI untuk usulan pembangunan tower. Dokumen dimaksud adalah sertifikat kepemilikan tanah yang belum lama ini diserahkan oleh Pemerintah Provinsi Sultra kepada Kemenag. Olehnya itu, usulan tower haji sudah bisa ditindaklanjuti.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sultra Abdul Kadir sebelum bertolak ke Jeddah, Makkah, beberapa waktu lalu. Kata dia, rencana pembangunan tower haji itu sudah digagas oleh pendahulunya. Pembangunan tower merupakan program positif yang harus direalisasikan. “Memang sudah lama rencana ini, tapi saat itu terkendala lahan. Nah saat ini kita sudah mencapai titik temu dengan Pemprov Sultra dan sudah diserahkan ke kita Asrama Haji Lepo-lepo itu. Nantinya di atas lahan itu, tower haji akan kita bangun,” ujar Abdul Kadir.

Kesiapan dokumen itu masih kata mantan Ketua KPU Sultra ini sudah dilaporkan ke pemerintah pusat. Abdul Kadir menegaskan pihaknya sudah menyerahkan estimasi anggaran untuk rehabilitasi asrama haji Lepo-lepo menjadi tower haji. Kemenag butuh Rp 120 miliar untuk renovasi asrama haji.

Dengan dana miliaran rupiah itu, Sultra sudah bisa memiliki tower haji sekelas Asrama Haji Sudiang, Makassar. “Sekira Rp 120 miliar. Sudah kami usulkan. Semoga tahun depan sudah bisa terwujud,” harap Abdul Kadir.

Dosen IAIN Kendari itu optimis grafik perekonomian di Sultra bisa bergerak naik ketika terbentuk embarkasi dan adanya tower haji. Sebab, setiap tahun akan menjadi persinggahan tamu Allah SWT yang akan menuju Baitullah. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top