Pariwara
HEADLINE NEWS

Siap-Siap, Seleksi CPNS Sebentar Lagi Digelar, Panselnas Matangkan Persiapan

Bima Haria Wibisana

KENDARIPOS.CO.ID — Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 sebentar lagi digelar. Panitia seleksi nasional (Panselnas) telah menggelar rapat bersama untuk mematangkan jadwal rekrutmen CPNS. Hal itu diungkapkan Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan. Menurutnya, rapat bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk menyampaikan kesiapan menyelenggarakan penerimaan CPNS 2018.

“Kami memaparkan kesiapan BKN untuk pelaksanaan seleksi CPNS 2018 di hadapan Tim Besar Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) di KemenPAN-RB di antaranya Tim Teknis Kelompok Kerja (Pokja) Pengawasan, Pokja Pengamanan Teknologi, Pokja Audit IT dan Quality Assurance (QA) Panselnas,” kata Ridwan di Jakarta, Jumat (3/8).

Pada kesempatan itu, sambung Ridwan, BKN memaparkan kesiapan infrastruktur di antaranya portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan sistem Computer Asissted Test (CAT) dalam mendukung rekrutmen CPNS yang obyektif dan akuntabel. “Portal SSCN kini telah diperbaiki menjadi lebih user friendly berkat adanya self guided mechanism yang akan meminimalisasikan kesalahan memilih formasi berdasarkan latar belakang pendidikan. Calon pendaftar juga akan diberikan informasi real time tentang jumlah pelamar pada formasi tertentu dan kementerian, lembaga, dan daerah tertentu,” bebernya.

Dengan kondisi ini, calon pelamar diharapkan akan semakin dimudahkan melakukan pendaftaran saat penerimaan CPNS 2018 telah diumumkan secara resmi oleh pemerintah. Ridwan menambahkan, BKN telah mengantongi 134 titik lokasi untuk kepentingan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT BKN. Namun, dia menekankan, jumlah tersebut masih tentatif dalam arti bisa berubah mengikuti kebutuhan perkembangan yang ada.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Kemenpan RB, Mudzakir mengungkapkan, pihaknya tengah melakukan konsolidasi terkait penetapan formasi masing-masing instansi. “Dalam konsolidasi kita harus berhati-hati. Dalam penetapan formasi CPNS nantinya pemerintah harus lebih teliti dan mengacu pada program utama pemerintah,” ungkapnya saat dihubungi via selulernya, Jumat (3/8) di Jakarta.

Mudzakir mengungkapkan, dalam penetapan formasi CPNS 2018, pihaknya akan mengacu pada program pokok pembangunan suatu daerah. “Kita akan menghitung secara cermat. Misalnya daerah tersebut merupakan daerah unggul di bidang pertanian atau perikanan, namun pada usulan formasi yang diajukan paling banyak adalah tenaga administrasi. Tentu itu tidak akan diakomodir. Semua tetap mengacu pada keuunggulan suatu daerah, itu semua demi kemajuan suatu daerah,” jelasnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top