Pariwara
Politik

Satu Bacaleg PBB Dicoret, PPP Mengundurkan Diri

Iskandar

KENDARIPOS.CO.ID — Tahap perbaikan berkas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) telah rampung. Dari hasil verifikasi awal, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Kepulauan (Konkep) mencoret Bacaleg Partai Bulan Bintang (PBB) lantaran berkasnya dianggap tidak lengkap. Selain itu, penyelenggara menghapus Bacaleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam deretan daftar calon.

Ketua KPUD Konkep, Iskandar mengatakan Parpol yang mengajukan daftar Bacaleg telah mengembalikan berkas perbaikan. Namun dari hasil perbaikan, ada beberapa calon yang dinyatakan gugur baik karena alasan belum memenuhi syarat (BMS) atau mengundurkan diri.

“Salah satu kasus yakni Bacaleg PBB di daerah pemilihan (Dapil) I yang meliputi Kecamatan Wawonii Barat dan Wawonii Tengah. Hingga batas penyerahan berkas perbaikan, yang bersangkutan tidak bisa memenuhi syarat yang sudah di tetapkan KPUD. Atas dasar itu, Bacaleg tersebut dinyatakan BMS,” kata Iskandar saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/8).

Selain PBB sambung alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo (UHO) ini, Bacaleg PPP juga dicoret dalam list calon. Jelang penutupan pendaftar, Bacaleg tersebut mengajukan pengunduran diri. Calon yang menjadi presentase keterwakilan gender ini berada di Dapil III yang meliputi Kecamatan Wawonii Selatan dan Wawonii Tenggara.

“Satu Bacaleg dari PPP perwakilan gender mengundurkan diri. Kendati mundur, namun tetap tidak berpengaruh terhadap syarat pencalonan partai,” ujarnya.

Saat ini, KPUD Konkep terus melakukan verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota DPRD Konkep hingga tanggal 7 Agustus mendatang. “Setelah verifikasi perbaikan selesai, maka KPUD mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS). Pada tanggal 12-21 Agustus, kami akan meminta masyarakat menanggapi DCS. Tangapan masyarakat juga sangat berpengaruh terhadap Bacaleg yang sudah diusung partai politik,” ujarnya.\

Draft Bacaleg yang ada saat ini, ada kemungkinan akan digugurukan. Misalnya, ada Bacaleg yang belum genap berusia 21 tahun sebelum ditetapkan dalam daftar pemilih tetap (DPT) atau masalah lain yang berhubungan dengan persyaratam pencalonan. “Semua laporan yang masuk akan dilakukan verifikasi di lapangan,” pungkasnya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top