Space Iklan
Pariwara
Nasional

Momen Hari Raya Iduladha, Mentan Jamin Stok Daging Terpenuhi

SAPI KURBAN: Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita (menunjuk) saat menghadiri acara publik awarnes di Sentra Pemotongan Hewan Kurban Al Azhar Jakarta Timur, Jumat (3/8). Dia memastikan akan mengerahkan ribuan petugas kesehatan untuk mengawasi kelayakan daging kurban. Foto: JPNN

KENDAQRIPOS.CO.ID — Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman memastikan stok daging sapi aman untuk menghadapi perayaan Iduladha 2018. Amran mengatakan, program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) adalah salah satu upaya untuk menjamin ketersediaan daging di Indonesia. “Ada gerakan selama tiga tahun, gerakan Siwab. Sapi sudah kami persiapkan untuk kurban tiga tahun sebelumnya,” kata Amran di Kantor Kementan, Jakarta Selatan, Jumat (3/8).

Amran menjelaskan, berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), populasi sapi pada 2017 sudah mencapai 13 juta ekor. Menurut Amran, angka tersebut terbanyak semenjak 72 tahun Indonesia merdeka. “Hanya tiga tahun pemerintahan Jokowi JK, sekarang total 16,8 juta ekor. Artinya produksi sapi hari ini dengan inseminasi buatan itu satu juta lebih per tahun,” jelasnya.

Amran mengklaim, saat ini peningkatan populasi sapi mencapai 500 persen. Bukan hanya jumlah populasi, Amran menegaskan, bobot sapi juga meningkat dengan perkembangan ilmu dan teknologi. “Dulu sapi lokal itu separuh bobotnya daripada sekarang. Limosin, Belgian Blue, itu bobotnya dua ton. Dua kali lipat dari sapi biasa,” ucapnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top