Space Iklan
Pariwara
Politik

Aleg Pindah Parpol Telah Melampirkan Surat Mundur

KENDARIPOS.CO.ID — Proses penelitian dokumen bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Kendari telah dimulai. Dari 473 berkas, sebanyak tiga anggota legislatif (Aleg) yang memilih pindah partai politik. Ketiganya adalah Aleg PKB Gunartin dan Aleg Hanura Hamida Sudu yang memilih menggunakan pintu Partai NasDem. Sementara Aleg PPP, Rusiawati Abunawas yang nyaleg melalui Partai Golkar.

“Sudah ada suratnya. Surat pengunduran dirinya disertakan saat perbaikan berkas. Bila merujuk ke aturan, pencalonannya telah memenuhi syarat,” beber Asril, Komisioner KPU Kota Kendari saat dikonfirmasi, Jumat (3/8)

Dokumen yang diserahkan katanya, belum berupa surat keterangan (SK) pemberhentian. Sebab surat pengunduran dirinya tengah diproses. Makanya, ketiga Bacaleg tersebut hanya menyertakan surat keterangan dari pimpinan DPRD Kota Kendari.

“Jadi, surat pernyataan bahwa surat pengunduran dirinya sementara sudah cukup bagi mereka untuk ditetapkan dalam daftar pemilih sementara (DCS),” jelas Koordinator Divisi Teknis dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Kendari ini.

Selain Aleg pindah Parpol, KPU juga mengidentifikasi aparatur sipil yang maju ke DPRD. Hanya saja, ia tidak bisa memastikan angka pastinya. Dari hasil verifikasi sementara, mereka pun telah menyertakan surat pengunduran diri sebagai abdi negara. Sebagai besar ASN yang maju, memang sudah mendekati masa pensiun.

“Tak hanya itu, ada juga pegawai BUMN yang nyaleg melalui Partai Perindo. Sebagaimana aturan, Aleg, ASN dan pegawai BUMN harus mundur. Surat keterangannya harus diterbitkan instansinya masing-masing,” jelasnya.

Sesuai tahapan, proses pengunduran diri Bacaleg harus dirampingkan sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT). Bila merujukan dari jadwal, penetapan DCT akan dilaksanakan tanggal 20 September. Nantinya, DCT akan diumumkan pada tanggal 21-23 September mendatang. “Sebelum tanggal 20 September mereka sudah harus mengantongi SK pemberhentian,” tandasnya. (c/wan).

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top