Pariwara
Politik

Verifikasi Berkas, KPU Baubau Merujuk pada Aturan

Edi Sabara

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan perbaikan berkas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Kota Baubau telah berakhir. Dari 16 partai politik (Parpol), seluruhnya bisa mengembalikan berkas hasil perbaikan sesuai jadwal. Saat ini, seluruh berkas yang masuk tengah diverifikasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Baubau.

“Bacaleg yang namanya masuk dalam kekurangan berkas calon sudah melakukan perbaikan. Hanya saja, berapa jumlahnya saya belum tahu pasti. Soalnya, ada tim khusus yang menangani,” kata Edi Sabara, Ketua KPUD Kota Baubau, saat ditemui, Kamis (2/8).

Setelah perbaikan berkas, pihaknya mulai melakukan verifikasi. Bacaleg yang memenuhi syarat akan dimasukan dalam daftar calon sementara (DCS). “Proses verifikasi perbaikan berkas calon sementara kita lakukan. Jadwalnya mulai tanggal 1 s.d 7 Agustus mendatang. Setelah itu, barulah bisa kita ketahui apakah masih ada Balon yang belum memenuhi syarat (BMS) atau memenuhi syarat (MS),” terangnya.

Dalam menjalankan tahapan, KPU selalu berpedoman pada aturan. Artinya segala keputusan yang ditetapkan mengacu pada PKPU dan UU. “Termasuk bila ada Balon yang BMS. Kalau dinyatakan BMS, maka secara otomatis yang bersangkutan dinyatakan gugur,” tandasnya.

Penyusunan DCS akan dilakukan mulai tanggal 9 s.d 12 Agustus dan diumumkan hingga tanggal 14 Agustus. Untuk mengetahui track record Bacaleg, KPU akan meminta tanggal masyarakat. “Bacaleg bisa dinyatakan gugur bila ada laporan yang membuktikan yang bersangkutan tak penuhi syarat,” tutup Edi Sabara. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top