Pariwara
Politik

Tiga Parpol Tak Mengisi Kuota Bacalegnya

Kasjumriati

KENDARIPOS.CO.ID — Meski baru diserahkan jelang penutupan, seluruh partai politik (Parpol) berhasil mengembalikan berkas hasil perbaikan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). Namun sebelum ditetapkan dalam daftar calon sementara (DCS) oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bombana, berkas hasil perbaikan masih harus diteliti.

“Berkas yang masuk ini masih harus diverifikasi. Jika memenuhi syarat (MS) akan ditetap dalam DCS. Tapi bila sebaliknya atau belum memenuhi syarat (BMS), maka akan dinyatakan gugur,” kata Kasjumriati, Komisioner KPUD Bombana saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/8).

Dari hasil verifikasi awal lanjut Koordinator Divisi Teknis KPU Bombana ini, tidak semuanya Parpol menempatkan wakilnya di semua daerah pemilihan (Dapil). Dari 15 Parpol, ada tiga Parpol yang tidak menyertakan calonnya di sejumlah Dapil. Tiga Parpol tersebut yaitu Partai Garuda, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Berkarya.

Untuk Partai Garuda dan Berkarya sambungnya, hanya mengusung calon di Dapil III yang meiputi Poleang. Sementara PSI hanya dua Dapil. Yakni di Dapil II yang meliputi Poleang Timur serta Dapil III Rarowatu. Pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) mendatang, Bombana terbagi menjadi lima Dapil. Dapil I Rumbia dan Dapil II Poleang Timur masing-masing ima kursi, Dapil III Poleang enam kursi, Dapil IV Rarowatu empat kursi dan Dapil V Kabaena dengan lima kursi.

Tiga parpol yang tidak menyetorkan Bacalegnya kata mantan Ketua KPUD Bombana ini, tetap dianggap kosong atau tidak memiliki Caleg. “Ya, dianggap kosong karena tidak lagi bisa diisi. Saat ini kan, sudah masuk tahap verifikasi berkas perbaikan DCS. Jadi parpol yang tidak menyetor daftar caleg-nya hingga akhir 17 Juli lalu dianggap tidak ada Calegnya,” tegasnya.

Meski begitu, KPUD tetap menyertakan Parpol berkompetisi di Pilcaleg 2019 nanti. “Tidak masalah, mereka tetap ikut pemilu. Hanya, tidak memiliki caleg di Dapil tertentu itu,” tutupnya. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top