Pariwara
Politik

Pastikan Dukungan, KPUD Koltim Datangi Rumah Warga

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak hanya berkas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Timur (Koltim) sedang fokus melakukan verifikasi faktual bakal calon (Balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Berdasarkan data Sistem informasi perseorangan peserta pemilu (SIPPP), jumlah Balon DPD RI yang mendapat dukungan sebanyak 10 calon.

Komisioner KPU Koltim, Adly Yusuf Saepi mengaku telah memulai proses identifikasi sejak penyelenggara di tingkat provinsi menerima hasil perbaikan berkas Balon anggota DPD RI. Selain mengidentifikasi dukungan, pihaknya juga melakukan klarifikasi dugaan dukungan ganda. “Untuk memastikan hal itu, kami akan turun di lapangan,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/8).

Dari hasil klarifikasi lanjutnya, ada lima Balon yang jumlah dukungannya kurang dari 200 orang. Dukungannya tersebar di Kecamatan Mowewe, Ladongi, Lambandia dan Aere. Hasilnya, telah disampaikan ke KPU Sultra dan datanya telah diinput kembali ke SIPPP sesuai petunjuk PKPUnya.

“Dalam proses pencocokan dan penelitian (Coklit), kami dibantu panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS),” ujar Adly Yusuf Saepi.

Tahapan selanjutnya sambungnya, penentuan sampel dukungan calon perseorangan anggota DPD peserta Pemilu 2019. Setelah ditetapkan penyelenggara di tingkat provinsi, KPU kembali melakukan verifikasi faktual.

“Saat ini, tahapannya sudah dimulai. Sesuai tahapan, dukungan 10 Balon DPD ini akan diverifikasi faktual hingga tangga 12 Agustus mendatang. Sebanyak 214 warga yang memberi dukungan akan didatangi untuk memastikan dukungan tersebut,” pungkasnya. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top