Pariwara
Kolaka Utara

Masyarakat Kolut tak Boleh Ditolak Berobat

KENDARIPOS.CO.ID — Penolakan terhadap seorang pasien oleh oknum petugas kesehatan di Puskesmas Katoi, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), mendapat sorotan. Tak dilayaninya petani bernama Gala, warga Dusun I, Desa Tobaku karena tak memiliki kartu jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) ditanggapi pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolut. Tidak ada alasan bagi paramedis untuk menolak pasien. Sebab semua wajib dilayani.

Kadis Kesehatan Kolut, Alias, menegaskan, jika benar peristiwa itu terjadi, maka hal tersebut merupakan ulah oknum. Jika petugas Puskesmas bermasalah, maka harus diadukan ke pimpinannya. “Prinsipnya utamakan pasien. Persoalan biaya dan sejenisnya itu urusan kedua baik itu punya Jamkesmas atau tidak. Kami sudah komitmen untuk memberikan pelayanan lebih dulu,” tegasnya, Kamis (2/8).

Dalam tindakan kejadian yang dialami Gala, minimal mendapat pelayanan pertolongan pertama mulai dari membersihkan luka. “Saya akan tanya ke kepala Puskesmas apa masalahnya. Karena dari sisi kebijakan, tidak ada seperti itu,” janji Alias. Ia mengaku belum bisa berkesimpulan dan akan melakukan klarifikasi ke lembaga tersebut apakah benar pasien ditolak atau ada miskomunikasi. Jangan sampai, pasien yang salah mendengar pernyataan petugas hingga langsung pulang. “Saya sudah sampaikan ke semua petugas kesehatan, jangan ada yang menolak pasien. Jika hal itu terjadi lagi, maka kami akan bertindak tegas, karena itu melanggar komitmen,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gala berkunjung ke Puskesmas Katoi untuk meminta perawatan karena jarinya nyaris putus terkena parang. Sayangnya, ia tidak diberi pelayanan karena salah satu petugas mempertanyakan kartu Jamkesmas yang tak dimiliknya. (c/rus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top