Pariwara
HEADLINE NEWS

Mafia Beraksi di Konsel, Puluhan Kubik Kayu Sitaan KPH Gularaya Raib

KAYU ILEGAL: Ada 31 kubik kayu illegal yang disita dan diamankan di halaman kantor KPH Wanggu Laeya Roraya (Gularaya). Namun 10 kubik diantaranya sudah raib, dugaan sementara ada oknum petugas internal yang ikut “bermain”. Foto: Kamal/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas pembalakan liar (illegal logging) di Konawe Selatan (Konsel) kian marak. Hal itu dibuktikan, semakin banyaknya kayu illegal yang disita Kesatuan Produksi Hutan (KPH) Wanggu Laeya Roraya (Gularaya). Hampir setiap bulan, ada saja kayu olahan tak bertuan yang diamankan.

Informasi tersebut diungkapkan Kepala KPH Gularaya Konsel, Dharma Prayudi R. Dirinya menduga, ada mafia kayu yang coba memanfaatkan keadaan. Sebab, praktek illegal logging ini mulai marak sejak ada pengalihan tanggung jawab dari Dinas Kehutanan (Dishut) Konsel ke Dishut Provinsi Sultra.

“Dari pengamatan saya, pengalihan ini membuat mafia kayu illegal makin leluasa berbuat. Mereka manfaatkan untuk melakukan penebangan kayu lebih masif. Dalam masa transisi itu, KPH tidak punya dasar untuk lakukan penahanan. Nanti setelah saya dilantik awal tahun 2018, baru kita berani menyita kayu illegal tersebut,” kata Dharma saat ditemui di kantornya, Kamis (2/8).

Dia menambahkan, untuk saat ini jumlah RPH yang bernaung di KPH Gularaya berjumlah 12 RPH. Satu di Kota Kendari dan 11 RPH di Konsel. Dimana wilayah kawasan hutan produksi di Konsel mencapai 117 ribu hektar. “Yang paling banyak disita dari RPH Palangga. Karena di sana memang muaranya para pengolah kayu illegal dari hutan sekitar Wolasi. Saat ini, jumlah kayu yang berhasil diamankan sudah mencapai 31 kubik,” jelasnya.

Supaya memberi efek jera, lanjut dia, pihaknya menyita kayu illegal hasil olahan tersebut. Petugas KPH juga terus melakukan patroli pengamanan, dan memberikan edukasi kepada masyarakat. Menurut Dharma, masyarakat diberi pemahaman supaya jangan hanya tergantung dengan kayu di hutan. Justru akan lebih bagus memanfaatkan hutan untuk bercocok tanam, bukan merambahnya.

1 of 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top