Pariwara
Metro Kendari

JCH Kloter 20 Bertolak ke Jeddah

JCH KLOTER 20: Jemaah calon haji (JCH) asal Kota Kendari dan Konawe Kepulauan (Konkep) saat berada di Asrama Haji Makassar, kemarin. Mereka mendengarkan arahan dari petugas haji. Sejak pagi tadi (3/8), sekira pukul 06.00 Wita, mereka sudah bertolak menuju Jeddah, Arab Saudi. Foto: Elyn/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Jamaah calon haji (JCH) asal Kota Kendari dan Konawe Kepulauan (Konkep) yang tergabung pada kelompok terbang (kloter) 20 bertolak ke Jeddah, Jumat (3/8) pukul 06.00 wita. Mereka berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar. Butuh waktu 11 jam untuk tiba di Bandara King Abdul Aziz, Saudi Arabia. Selanjutnya menuju Makkah dengan bus setempat.

Ketua Kloter 20, Abdul Kadir mengatakan, dengan niat tulus serta tekad yang bulat semuanya akan terbang ke Bandara King Abdul Aziz besok (pagi ini,red). “Dengan ucapan basmalah, semoga selamat sampai tujuan Insya Allah. Selama di embarkasi, kesempatan untuk meluruskan niat bahwa berhaji ini semata-mata mengejar ridha Allah SWT,” kata Abdul Kadir, tadi malam.

Kamis pagi (2/8), JCH kloter 20 diserahkan secara resmi dari Kanwil Kemenag Sultra kepada pihak embarkasi Makassar. Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Burhanuddin mewakili Pj. Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi dalam sambutannya meminta jamaah untuk menjaga kesehatan selama berada di tanah suci.

“Dengarkan saran dari TPHD, PPIH, dokter dan semua panitia yang bertanggung jawab atas bapak-bapak dan ibu-ibu. Ini penting supaya Anda tidak tersesat saat keluar atau melakukan kegiatan lain,” pintanya.

Di depan jamaah, pihak embarkasi memperkenalkan panitia pendamping satu persatu. Jamaah diminta untuk menghafal wajah mereka agar tak kesulitan mengenalinya nanti. Usai seremoni serah terima, jamaah langsung diarahkan ke klinik embarkasi untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Hal itu adalah rangkaian pemeriksaan kesehatan terakhir sebelum pemberangkatan. Meski niatnya sudah bulat, administrasi sudah lengkap jika dinyatakan mengalami gangguan kesehatan yang menghawatirkan maka keberangkatan jamaah akan dicancel. “Semua JCH yang tergabung di kloter 20 beres dan tak ada masalah,” ujarnya.

Pantaun Kendari Pos di Asrama Haji Sudiang Makassar, ada 2 orang jamaah yang harus dibantu dengan kursi roda saat menjalani aktivitas. Namun, tim medis memastikan tetap mampu melanjutkan perjalanan asal tetap mendapat pendampingan khusus dari tim pendamping.

Selain pemeriksaan kesehatan, jamaah menjalani scan biometrik. Tahapan ini biasanya dilakukan di kantor imigrasi bandara King Abdul Aziz. Namun karena embarkasi Makassar sudah punya alat scan wajah dan mata, maka prosesi tersebut dilakukan di Makassar. “Biometrik bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan dokumen visa dan lainnya,” jelasnya.

Setelah kloter 20 yang berangkat pagi ini, akan disusul dengan kloter 21 dan 22 yang akan terbang esok hari di jam yang berbeda. JCH di dua kloter (21 dan 22), akan tiba di Makassar hari ini dan akan menjalani aktivitas seperti kloter sebelumnya di embarkasi Makassar. Sementara kloter 23 dan 24 akan masuk asrama tanggal 4 Agustus dan berangkat ke Jeddah 5 dan 6 Agustus. (b/ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top