Space Iklan
Pariwara
Politik

Estimasi TPS dan KPPS Bisa Berubah

KENDARIPOS.CO.ID — Pembatasan jumlah pemilih per-TPS pada Pemilu 2019 ikut mendongkrak kebutuhan logistik dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Apalagi wajib pilih dalam daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) mengalami peningkatan dari daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra.

Dari hasil kalkulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, lokasi pemungutan suara sebanyak 7.786 TPS. Dengan jumlah pemilih maksimal sebanyak 300 jiwa per-TPS, maka jumlah petugas KPPS yang akan direkrut sekitar 54.502 orang.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan kalkulasi ini merujuk pada jumlah DPSHP. Namun estimasi penyelenggara kemungkinan berubah lantaran proses pemutakhiran data pemilih masih berlangsung. Hanya saja, perubahannya tidak akan signifikan.

“Saat ini, tengah dilakukan validasi ulang terkait hasil pengumuman DPSHP. Jadi jumlah pemilihnya masih bisa berubah. Bila ada perubahan, maka berimbas pada jumlah TPS dan kebutuhan petugas KPPS,” ujar La Ode Abdul Natsir Muthalib saat dikonfirmasi, Kamis (2/8).

Sebagaimana Pilgub lalu, rekrutmen petugas KPPS akan dilakukan secara terbuka. KPPS yang mampu bekerja baik dan memiliki rekam jejak yang baik diharapkan bisa kembali bergabung. Untuk menyukseskan Pemilu 2019, KPU membutuhkan KPPS yang memiliki integritas. Penjaringan dan persyaratan KPPS sama dengan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

“Rekruitmen akan dibuka untuk umum. Kami ingin memastikan mereka yang terekrut tidak berafiliasi dengan tim kampanye Parpol maupun bacaleg DPR RI, DPRD Sultra, DPRD kabupaten/kota. Jadi, harus netral, bekerja profesional dan mandiri,” tandasnya.

Mengenai kepastian jadwal perekrutan kata dia, akan dilakukan dua bulan jelang hari pungut hitung. Hal itu juga sesuai PKPU yang berlaku dan tahapannya. Dalam hitungannya, KPPS yang bertugas dalam TPS adalah berjumlah 7 orang. “Nantinya, kita juga akan melakukan perekrutan Linmas. Yang masing TPS dua orang. Jadi, totalnya ada 15.572 petugas Linmas,” jelasnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top