Pariwara
Wakatobi

Bupati Wakatobi : Pejabat Wajib Setor LHKPN

H. Arhawi, SE

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus berkeliling di Sulawesi Tenggara (Sultra). Terbaru, pihak lembaga anti rasuah tersebut berkunjungi di Kabupaten Wakatobi untuk sosialisasi tata cara pelaporan harta kekayaan penyelenggara negara (LKHPN) di lingkup Pemkab. Selain itu, pihak KPK juga melakukan pendampingan dalam penggunaan aplikasi e-LHKPN melalui website elhkpn.kpk.go.id, pada kepala daerah dan pejabat strategis. Kegiatan yang dihelat di Aula Sanggar Budaya Wakatobi ini disambut baik Bupati, H. Arhawi, Kamis (2/8).

Wakatobi-1 itu menilai langkah yang dilakukan KPK sangat efektif untuk menciptakan pemerintahan bersih. Dengan begitu, ia berharap semua pejabat yang telah ditunjuk, wajib melaporkan harta kekayaan yang dimiliki. Sebagai kepala daerah, Arhawi juga mengaku siap mengawal program tersebut. “Ini sudah menjadi kewajiban bupati dan sekretaris kabupaten untuk selalu menyampaikan ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan staf yang dipercaya mengelola keuangan, agar melaporkan harta kekayaannya,” papar Arhawi.

Spesialis Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN dari Direktorat Pendaftaran dan Pemeriksaan LHKPN KPK RI, Amalia Rosanti, mengungkapkan, keharusan tersebut sudah tertuang dalam undang-undang nomor 28 tahun 1999 dan telah diatur tentang siapa saja yang wajib melaporkan harta kekayaannya. “Selain kepala daerah juga ada pejabat strategis lainnya. Jadi kalau Pemkab Wakatobi mungkin sesuai peraturan bupatinya ya,” jelas Amalia Rosanti, usai kegiatan.

Rencananya, wajib LHKPN di Wakatobi dimulai dari pejabat eselon II hingga Pokja. Saat ini masih menunggu diterbitkannya peraturan bupati. Pengisian LHKPN bagi penyelenggara negara wajib dilakukan satu kali dalam setahun, sama halnya seperti pengisian SPT pajak periodenya Januari sampai Maret. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top