Pariwara
Edukasi

Belajar Tanpa Batas di Rumah Belajar

Paruddin, M.Pd.

KENDARIPOS.CO.ID — Pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi dewasa ini, harus diimbangi dengan perkembangan pembelajaran untuk masyarakat. Teranyar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Sultra meluncurkan aplikasi Rumah Belajar.

Duta Rumah Belajar Sultra, Paruddin, S.Pd., M.Pd, menjelaskan, rumah belajar merupakan potal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi serta interaksi antarkomunitas. “Rumah belajar ini adalah salah satu portal e-learning yang digelontorkan oleh Kemendikbud yang dikelola oleh Pustekom dan diperuntukkan bagi seluruh masyarakat belajar yang meliputi guru, siswa dan orang tua. Mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan perguruan tinggi,” jelasnya, Rabu (1/8) lalu.

Cara mengakses rumah belajar ini, terbilang mudah. Cukup mengunjungi website rumah belajar di http://belajar.kemendikbud.go.id kemudian memilih menu daftar serta mengisi form sampai selesai. “Portal ini bisa diakses dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Juga bisa diakses melalui android dengan mendownload aplikasi rumah belajar di Google Playstore dan App Store. Pokoknya semua berbasis online,” bebernya.

Portal belajar, lanjut Paruddin, memiliki beberapa fitur menarik, mulai dari buku sekolah elektronik, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, karya komunitas, karya bahasa dan sastra dan bank soal. “Portal ini sangat membantu, misalnya saja ada fitur seperti bank soal yang menyediakan kumpulan soal yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tentunya sangat membantu bagi siswa yang akan melaksanakan ujian akhir,” tuturnya.

Menurut salah satu pengajar di SMPN 1 Kendari itu, sebenarnya portal belajar ini sudah lama digaungkan pemerintah. Namun, baru dimaksimalkan tahun 2017 lalu. “Saat ini, sudah ada 30 duta rumah belajar di Sultra. Nantinya, akan dipilih satu orang duta rumah belajar Sultra tahun depan,” ungkapnya.

Guru Idola Kendari Pos tahun 2015 ini berharap dengan hadirnya portal belajar ini dapat membantu siswa dan masyarakat yang ingin belajar tanpa harus memikirkan tempat, karena bisa diakses dimana saja. “Semoga hadirnya rumah belajar, dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Sultra,” tutupnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top