Pariwara
Buton Utara

ASN Butur Jangan Lakukan Pungli !

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
BERANTAS PUNGLI : Sosialiasi Saber Pungli dalam mencegah pungkutan liar di lingkup Pemkab Butur, kamis (2/8)

KENDARIPOS.CO.ID — Praktik pungutan liar (Pungli) terus diberantas. Untuk mewujudkan itu semua, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Buton Utara (Butur) tak hanya membentuk Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli, tapi juga mengintensifkan kegiatan sosialisasi dengan pendekatan persuasif, mengajak seluruh lapisan masyarakat segera melapor jika menemukan oknum aparatur pemerintah daerah yang melakukan Pungli. Kamis (2/8), sosialisasi digagas pihak Inspektorat Butur dengan menghadirkan Wakapolres Muna, Kompol Yusuf Mars, Kasiintel Kejari Muna, La Ode Abdul Sofyan, dan Pabung Kodim 1416/Muna, Mayor Inf. Prasetya.

Sekretaris Kabupaten Butur, Muh. Yasin menuturkan, Pungli merupakan perbuatan yang sudah lama terjadi. Pelayanan publik potensial terjadi Pungli. Misalnya pada proses pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), sertifikat, izin usaha, atau bahkan dalam urusan administrasi kepegawaian dan pensiun. “Oleh karena itu, dengan terbentuknya Saber Pungli dan sosialisasi yang digelar, hal-hal yang berurusan dengan pungutan tidak resmi, dapat segera ditiadakan,” tegas Muh. Yasin, kamis (2/8).

Mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Butur itu mengimbau, dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, aparatur sipil negera (ASN) harus melakukan sebaik-baiknya, tanpa pungutan dalam bentuk apapun. “Saya berharap seluruh lapisan masyarakat di Butur untuk selalu berperan aktif, melapor ke Satgas Saber Pungli, bila ada oknum aparatur pemerintah daerah yang melakukan pungutan liar,” tuturnya.

Sementara itu, Wakapolres Muna, Kompol Yusuf Mars, menuturkan, penindakan kegiatan pungutan liar merupakan instruksi Presiden. “Sosialisasi ini merupakan bentuk pemberantasan pungutan liar. Tujuannya mengingatkan, Pungli merupakan tindak pidana dan mengajak masyarakat agar melapor jika menemukan praktik tersebut,” tandas Wakapolres. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top