Pariwara
Konawe Kepulauan

2019, Pasokan Air Bersih di Konkep Teratasi

MURSALIN/KENDARI POS
AIR BERSIH : Pemkab Konkep mengelar rapat bersama camat dan kepala desa untuk menuntaskan persoalan air bersih di wilayah tersebut, kamis (2/8)

KENDARIPOS.CO.ID — Kesediaan air bersih di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) saat ini. Pasalnya, suplai air di daerah itu belum bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Program nasional penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) tahun 2018 ini baru bisa memenuhi kebutuhan air bersih pada 22 desa di daerah itu. Kamis (2/8), Pemkab Konkep bersama camat dan kepala desa serta unsur terkait mengelar rapat terpadu penanganan air bersih di Pulau Wawonii.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konkep, Cecep Trisnajayadi, mengungkapkan, layanan air minum dan sanitasi telah menjadi urusan wajib pemerintah. “Pelaksanaan program Pamsimas di Konkep sudah dimulai sejak 2017 lalu yang baru mencakup tujuh desa. Kalau tahun ini bertambah 15 desa. Kami targetkan tahun 2019 nanti, persoalan air bersih di Pulau Wawonii bisa teratasi 100 persen,” kata Cecep Trisnajayadi, kamis (2/8). Mantan Kadis Pertambangan Kabupaten Bombana itu berharap, pelaksanaan Pamsimas mampu meningkatkan jumlah warga miskin perdesaan dan pinggiran yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi.

“Memang masih ada laporan, pada beberapa desa menolak program Pamsimas ini. Saya imbau para kepala desa menyelesaikan persoalan yang menghambat program Pamsimas di wilayah masing-masing. Agar kebutuhan air kita bisa semua dinikmati,” ujar Cecep. Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konkep, Abdul Halim, mengatakan, kebutuhan air bersih di daerah baru mencakup 80 persen dan sanitasi 30 persen.

“Saya harap desa dan kelurahan di Pulau Wawonii bisa berperan aktif, agar tercapainya kebutuhan air bersih 2019 mendatang,” katanya. Masuknya program Pamsimas tersebut, bisa dikelola oleh desa menyerupai perusahaan daerah air minum (PDAM) agar menghasilkan pendapatan asli daerah,” tandasnya. (c/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top