Pariwara
Metro Kendari

Pemkot Kendari Peduli JCH, Saban Tahun Siapkan Biaya Lokal Haji

BIAYA LOKAL HAJI : Perhatian Pemkot Kendari terhadap JCH patut diapresiasi. Setiap tahun, Pemkot menyediakan biaya lokal haji dalam APBD. Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (enam dari kanan) usai melepas secara resmi JCH di Aula Bertakwa. Foto: Elyn Ipo/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota Kendari punya kepedulian tinggi terhadap penyelenggaraan ibadah haji. Saban tahun, Pemkot mengalokasikan biaya lokal haji dalam postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari. Itu membuktikan komitmen Pemkot Kendari untuk mendukung kelancaraan penyelenggaraan haji di Metro Kendari. Makanya, andil pemerintah untuk menekan biaya pengeluaran jemaah diwujudkan dengan bantuan akomodasi lokal haji.

Saat ini jemaah calon haji (JCH) Kota Kendari sedang menuju embarkasi Makassar dan selanjutnya akan terbang menuju Jeddah, Arab Saudi. Tahun ini, Pemkot Kendari sudah memastikan akan memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan daerah untuk meringankan beban tamu Allah SWT itu. Mereka akan dibantu biaya lokal yakni akomodasi dari Kendari-Makassar dan sebaliknya, termasuk juga sarana transportasi. “Itu tetap ada (bantuan,red), yang namanya hal baik kita komitmen pertahankan. Itu ada anggarannya. Tentu ada prosedur penyalurannya, nanti dilihat kapan bisa dicairkan,” ujar Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, beberapa waktu lalu.

Sulkarnain Kadir juga meminta JCH mengutamakan ibadah wajib terlebih dulu, agar punya tenaga yang cukup untuk menyelesaikan semua rukun haji. Sulkarnain meminta jemaah fokus beribadah dan tidak melakukan hal-hal diluar pengetahuan pendamping.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Kendari, Marwijid mengapresiasi perhatian Pemerintah Kota Kendari terhadap jemaah yang konsisten. “Pemerintah kota konsisten membantu biaya lokal jemaah,” ujar Marwijid, Rabu (1/8).

Ada tiga item yang ditanggung Pemkot setiap tahun. Pertama, transportasi darat dari Asrama Haji Lepo-lepo ke Bandara Haluoleo Kendari. Kedua, transportasi darat dari Bandara Hasanuddin Makassar ke embarkasi atau Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulsel. Ketiga, akomodasi dan konsumsi jemaah calon haji sebelum bertolak ke Jeddah, Arab Saudi.
“Itu semua bantuan dari pemerintah kota kita patut syukuri, karena kalau tidak dibantu Pemkot Kendari maka jemaah haji pasti mengeluarkan anggaran masing-masing,” tutup Marwijid. (ely/b)

Biaya Lokal Haji

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top