Pariwara
Politik

Partai Berkarya Tak Setor Berkas Perbaikan

Laode Nuriadin

KENDARIPOS.CO.ID — Meski telah diberikan waktu selama 10 hari, masih saja ada partai politik (Parpol) yang enggan memperbaiki berkas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg)-nya. Padahal Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Buton Tengah (Buteng) telah melayangkan surat resmi terkait jadwal perbaikan daftar caleg yang telah diusulkan.

Ketua KPUD Buteng, Laode Nuriadin mengatakan tahapan pengembalian berkas hasil perbaikan Bacaleg telah ditutup. Hasilnya, ada Parpol yang tidak melakukan perbaikan daftar calegnya yaitu Partai Berkarya. Ia menduga Parpol tersebut merasa berkas usulan calegnya yang disampaikan sebelumnya sudah lengkap. Dengan demikian, mereka tidak perlu melakukan perbaikan seperti Parpol lainnya.

“Kami akan memastikan ulang apakah berkas usulan Bacaleg Partai Berkarya betul-betul tanpa masalah. Saya kira tidak butuh waktu lama terlebih partai ini hanya mengusung Bacalegnya di satu daerah pemilihan (Dapil). Tepatnya di Dapil III yang meliputi Kecamatan Mawasangka Tengah dan Mawasangka Timur,” ungkap Laode Nuriadin saat ditemui, Rabu (1/8).

Selain perbaikan syarat yang tidak lengkap kata dia, ada beberapa Parpol yang mengajukan penggantian daftar Bacaleg. Hanya saja, ia tidak disebutkan secara pasti Parpol yang mengganti daftar calegnya. Yang pastinya, sebagian besar Parpol melakukan penggantian daftar Bacalegnya.

“Saat ini, kami tengah melakukan verifikasi terhadap perbaikan daftar dan syarat Bacaleg. Kami akan melakukan klarifikasi terhadap instansi yang menerbitkan dokumen persyaratan. Seperti surat keterangan kesehatan, ijazah dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Setelah itu, kami sesuaikan dengan tahapan selanjutnya,” jelasnya.

Berdasarkan dokumen yang masuk katanya, ada sebanyak 276 Bacaleg yang terdaftar. Mereka nantinya akan berkompetisi memperebutkan 25 kursi DPRD Buteng. “Tidak semua Parpol yang mengusul Bacalegnya pada semua Dapil,” pungkasnya. (b/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top