Pariwara
Politik

Panwaslu Kendari Siap Cermati DPSHP

TANGGAPAN MASYARAKAT : Salah seorang warga kelurahan Lalolara Kecamatan Kambu menanggapi DPSHP yang diumumkan. Tampak warga tengah mengisi formulir pendaftaran untuk dimasukan dalam daftar pemilih Pemilu 2019. Foto: KPU Kendari For Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pengumuman daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) telah selesai. Sebelum ditetap menjadi daftar pemilih tetap (DPT), Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih akan menyandingkan DPSHP dengan tanggapan masyarakat. Untuk memaksimalkan proses pemutakhiran data pemilih, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kendari akan mencermati DPSHP yang telah masuk masa perbaikan akhir.

Ketua Panwaslu Kota Kendari, Sahinuddin menilai jumlah DPSHP sebanyak 187.955 wajib pilih terbilang normal dan rasional bila disandingkan dengan DPT Pilgub Sultra lalu sebanyak 179.885 pemilih. Namun demikian, tak menjadi alasan Panwas untuk memastikan keakuratan data pemilih.

“Sesuai aturan, sistim data pemilih Pemilu 2018 memang berkelanjutan. Pada pelaksanaan pungut hitung Pilgub lalu, ada sebanyak 4 ribuan lebih yang masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb). Makanya, DPS Pemilu 2019 kemarin sebanyak 184.658. Namun setelah diumumkan KPU bertambah menjadi 3 ribuan pemilih. Jadi DPSHP kemarin bisa berubah,” jelas Sahinuddin saat ditemui, Rabu (1/8).

Pemilih tambahan di Pilgub lalu kata dia, tidak semuanya tidak terakomodir dalam DPT. Sebenarnya, ada sebagain yang sudah masuk terdata. Hanya saja, pada saat pendistribusian form C6, mereka tidak kebagian lantaran tidak berada di tempat. Agar bisa tetap memilih, mereka menggunakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

“Kami juga akan memastikan sekitar 3 ribuan tambahan usai pengumuman DPS lalu. Apakah mereka termasuk pemilih pemula, pindah domisili dan lainnya. Selain itu, kami akan mencermati pemilih yang telah meninggal atau tidak memenuhi syarat lainnya. Yang tak kalah pentingnya, tahap analisis pemilih ganda,” jelasnya.

Saat ini, ia bersama jajaran tengah melakukan analisis terhadap data pemilih. Panwascam sedang memilah dan memfaktualkan data pemilih by name dan by addres. Pada dasarnya, Panwaslu tak akan main-main dengan daftar pemilih. Pasalnya, persoalan selalu muncul dari dari daftar pemilih tersebut. “Panwas turun mendatangi rumah warga yang terdata dalam daftar pemilih,” ujarnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top