Pariwara
Nasional

Mendagri Minta Camat Awasi Penggunaan Dana Desa

Tjahjo Kumolo

KENDARIPOS.CO.ID — Mendagri Tjahjo Kumolo, meminta seluruh camat turut mengawasi dan mendampingi desa dalam memastikan ketepatan sasaran program padat karya tunai di desa. Camat juga perlu memastikan penyelesaian perubahan kegiatan yang semula dikerjakan penyedia menjadi pekerjaan yang dikerjakan secara swakelola.

“Kami minta camat mengawasi dengan cermat, pastikan batas minimal anggaran dana desa yang digunakan telah sesuai dengan ketentuan,” ujar Tjahjo pada rapat Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pemanfaatan Dana Desa dan Program Padat Karya Tunai Desa, yang dilaksanakan di GOR Ken Arok, Kota Malang, Rabu (1/8).

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini juga menekankan pentingnya para kepala desa memperhatikan prioritas penggunaan dana desa pada dua hal. Yakni, pada pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Menurutnya, dana desa yang telah dikucurkan sepanjang 2015-2017 telah mencapai Rp 287,44 triliun. Sementara di 2018 mencapai Rp 107,46 triliun.

Alokasi dana desa yang dikucurkan ke desa terdiri dari Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa, beras prasejahtera (rastra) dan Program Keluarga Harapan (PKH). “Pemanfaatan dana desa diharapkan (juga) dapat menaikkan permintaan agregat untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, menurunkan angka kemiskikan dan kesenjangan antar desa,” jelasnya.

Tjahjo Kumolo berharap ada dana khusus untuk kelurahan dan kecamatan di masa yang akan datang. Dengan demikian, tujuan pembangunan yang dicita-citakan dapat lebih cepat tercapai, setelah pemerintah pusat menggelontorkan dana desa sejak 2015 lalu.

“Mudah-mudahan akan ada dana khusus untuk kelurahan dan kecamatan ke depan,” katanya. Rapat Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pemanfaatan Dana Desa dan Program Padat Karya digelar oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri. Hadir antara lain, sejumlah camat dan kepala desa dari Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Blitar, Kabupaten Pasuruan dan dari wilayah kerja Balai Besar Pemerintahan Desa (BBPD) Kota Malang. (gir/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top