Pariwara
Politik

KPUD Konsel Temukan Bacaleg Ganda

KENDARIPOOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Selatan (Konsel) telah menerima berkas hasil perbaikan seluruh Parpol peserta Pemilu 2019. Dari hasil verifikasi awal, penyelenggara menemukan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang terdaftar di dua Parpol.

“Secara umum, proses pengembalian berkas tidak ada masalah. Sebelum penutupan, 16 Parpol mampu menyerahkan berkas hasil perbaikan. Yang jadi masalah, kami menemukan adanya calon ganda,” beber Aliudin, Ketua KPUD Konsel saat ditemui di ruangannya, Rabu (1/8).

Temuan pertama sambungnya ditemukan dalam daftar Bacaleg Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN). Bacaleg Partai Demokrat di daerah pemilihan (Dapil) II atas nama Mordin juga diajukan PAN. Dari hasil klarifikasi, Bacaleg tersebut secara tak sengaja terdaftar di PAN. Makanya, berkas yang diserahkan ke PAN tidak valid.

“Meski telah ada klarifikasi, namun yang bersangkutan tetap harus menyertakan surat keterangan pengunduran diri. Yang mana, ia harus memilih satu dari dua partai tersebut. Kasus serupa juga ditemukan dalam daftar Bacaleg Partai Perindo dan PDIP. Salah seorang kader Perindo juga terdaftar di PDIP,” jelasnya.

Dari hasil verifikasi berkas, sekitar 99 persen hasil perbaikan diperkirakan telah memenuhi syarat (MS). Namun demikian, KPU masih akan melakukan verifikasi lanjutan yang akan berlangsung hingga tanggal 7 Agustus. Setelah tahapan itu, pihaknya baru akan memastikan apakah Bacaleg yang diajukan telah dinyatakan MS atau belum memenuhi syarat (BMS).

“Ada dua hal yang menjadi perhatian. Selain calon ganda, kami juga fokus terhadap anggota legislatif (Aleg) yang memilih pindah Parpol. Dalam daftar Bacaleg, ada beberapa yang ditemukan tim verifikator. Seperti anggota fraksi PPP, Ramayanto yang pindah ke PDIP dan Sahrun dari PKB pindah di Golkar,” urainya.

Ia mengingatkan Aleg yang memilih pindah Parpol untuk segera melengkapi surat penguduran diri sebelum daftar calon sementara (DCS) ditetapkan. “Jadi harus dilengkapi tanda terima pengunduran diri dari DPRD. Kalau belum selesai, ada surat keterangan dari DPRD bahwa surat pengunduran diri yang bersangkutan sementara diproses,” tandasnya. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top