Pariwara
Politik

KPU Kendari Butuh 6.790 KPPS

Jumwal Shaleh

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan Pemilu 2019 telah dimulai. Selaku penyelenggara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari memastikan bekerja sesuai tahapan dan aturan yang berlaku. Disamping memastikan keikutsertaan warga dalam daftar pemilih, KPU juga telah melakukan kalkulasi kebutuhan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh mengatakan untuk melaksanakan tugas penyelenggaraan di tempat pemungutan suara (TPS), pihaknya membutuhkan ribuan petugas KPPS. Jumlah tersebut didasari kebutuhan tujuh petugas KPPS per-TPS. Yang mana, jumlah TPS pada Pemilu 2019 sebanyak 970 TPS yang tersebar di 64 kelurahan.

“Kalau didasari daftar pemilih, maka jumlah TPS sebanyak 970 TPS. Bila dikalkulasi dengan kebutuhan, maka total pertugas sebanyak 6.790 perugas KPPS,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (1/8).

Tidak hanya KPPS, pihaknya juga telah menghitung kebutuhan tenaga Linmas. Dari hasil kalkulasi tiap TPS dua orang tenaga Linmas, maka jumlah yang akan direkrut sebanyak 1.940 orang. Namun proses perekrutannya baru akan dimulai awal tahun 2019.

“Untuk saat ini, kami baru menghitung. Kalau sudah ada petunjuk baru akan diumumkan. Kami tetap berharap mereka yang mendaftar memang memahami aturan kepemiluan,” ujar pria yang akrab disapa Alex ini.

Idealnya lanjutnya, KPPS merupakan warga sekitar TPS. Dengan begitu, mereka bisa mengetahui warga yang memilih. Misalnya, mereka ditokohkan masyarakat setempat. Bagi warga yang pernah menjadi penyelenggara tidak dibolehkan mendaftar menjadi KPPS. (c/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top