Space Iklan
Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Kendari dan Baubau Alami Inflasi

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra kembali merilis perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) atau Inflasi pada bulan Juli pada sejumlah kota yang menjadi titik pantauannya di tanah air. Melalui konferensi pers, Rabu (1/8), pihak BPS mencatatkan sebanyak 68 kota di Indonesia mengalami Inflasi dan 14 kota lainnya mengalami deflasi.

“Khusus di Sultra, yang menjadi dasar untuk mengetahui perkembangan IHK itu hanya di Kota Kendari dan Kota Baubau. Kedua kota ini mengalami inflasi. Kota Kendari tercatat sebesar 0,66 persen dan Kota Baubau sebesar 1,20 persen mengalami inflasi,” ungkap Kepala BPS Sultra, Moh. Edy Mahmud di hadpan awak media.

Ada beberapa komoditi dominan penyumbang inflasi pada dua kota tersebut
. “Tarif pulsa ponsel menjadi penyumbang inflasi tertinggi tercatat 0,26 persen, disusul pada komditas sayuran seperti cabai rawit yang tercatat sebesar 0,15 persen, kacang panjang sebesar 0,14 persen, tomat sayur sebesar 0,09 persen, sayur bayam 0,08 persen, kangkung sebesar 0,07 persen, sawi hijau sebesar 0,5 persen dan tomat buah sebesar o,4 persen,” jelasnya.

Di Kota Kendari misalnya, jika dilihat inflasi dari tahun ke tahun pada periode yang sama yaitu bulan Juli, tercatat sebesar 1,27 persen sedangkan tahun lalu pada periode yang sama tercatat sebesar 5,84 persen, atau menurun sebesar 4,09 persen. “Walaupun Kendari mengalami inflasi, namun masih terkendali,” kata mantan Kepala BPS Manado itu. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top