Space Iklan
Pariwara
Politik

Empat Parpol di Koltim Ganti Bacaleg Saat Perbaikan

BERKAS BACALEG : Komisioner KPUD Koltim, Adly Yusuf Sapei (baju merah) menyalami Ketua DPC Partai NasDem Koltim, Hj Andi Merya Nur usai menerima berkas Bacaleg beberapa waktu lalu. Foto: KUSDIN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak semua partai politik (Parpol) yang sreg dengan komposisi bakal calon anggota legislatif (Bacaleg)-nya. Tak heran, pada masa pengembalian berkas hasil perbaikan sejumlah Parpol mengganti Bacalegnya. Dari 14 Parpol yang menyerahkan berkas ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Timur (Koltim), sebanyak empat Parpol teridentifikasi melakukan pergantian.

“Selain melengkapi kekurangan berkas, ada pula Parpol yang melakukan pergantian yakni Partai Perindo, PPP, PBB dan PKS. Sementara partai lain hanya memperbaiki persyaratan administrasi pencalonan,” kata Adly Yusuf Saepi, Komisioner KPUD Koltim saat ditemui, Rabu (1/8).

Sebagaimana aturan, proses pergantian Bacaleg bisa dilakukan. Sebab hal itu sudah menjadi kewenangan Parpol. Posisi KPU hanya melakukan verifikasi. Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan dalam PKPU nomor 5 tahun 2018, pihaknya akan melakukan verifikasi hingga tanggal 7 Agustus mendatang.

“Kami akan meneliti kembali keabsahan dokumen perbaikan sebagai mana tertuang dalam keputusan KPU nomor 961 tahun 2018. Adapun yang akan teliti seperti formulir model B perbaikan (surat pencalonan dari parpol), formulir B.1 perbaikan (daftar Balon anggota DPRD kabupaten), dokumen perbaikan syarat bakal calon dan dokumen bakal calon pengganti,” kata Adly Rabu (1/8).

Setelah proses verifikasi keabsahan dokumen rampung, KPU akan menyusun dan menetapkan daftra calon sementara (DCS) anggota DPRD Koltim. “Insya Allah tahapannya, tanggal 8-12 agustus 2018. Selanjutnya, pihaknya akan mengumumkan DCS dan persentase keterwakilan perempuan,” katanya.

Tahapan berikutnya, KPU akan meminta masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS. “Apabila ada tanggapan masyarakat, maka kami KPU akan memberikan ruang pada Parpol untuk melakukan klarifikasi,” imbuhnya. (b/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top