Pariwara
HEADLINE NEWS

Cuaca Panas di Tanah Suci Capai 43 Derajat Celcius, Pj Gubernur Sultra: JCH Jaga Kondisi Fisik

LEPAS: Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi (kiri) melepas secara resmi JCH asal Kota Kendari dan Konkep yang tergabung dalam kloter 20 di Asrama Haji Lepo-lepo, Rabu (1/8)

KENDARIPOS.CO.ID — Cuaca panas yang mencapai 43 derajat celcius akan menjadi tantangan besar bagi jamaah calon haji (JCH) asal Indonesia termasuk Sultra selama berada di tanah Suci, Makkah. Untuk itu, JCH harus melakukan langkah-langkah khusus untuk tetap menjaga kebugaran tubuh (kondisi fisik) supaya tetap fit dalam menjalankan rangkaian ibadah haji. Pesan itu disampaikan Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi saat melepas JCH kloter 20 di Asrama Haji Lepolepo Kendari, Rabu (1/8).

Kata dia, jamaah jangan hanya bertumpu pada penjagaan tim pendamping, tetapi lebih pada proteksi diri masing-masing. “Kalau dibandingkan dengan Sultra, suhu di Makkah lebih panas. Di sini, hanya 34 derajat celsius, kalau di Tanah Suci bisa sampai 43 derajat celsius. Ini yang harus diantisipasi,” ungkap Teguh dihadaparn ratusan JCH asal Kota Kendari dan Konkep.

Kepala BPSDM Kemendagri ini menambahkan, kendati begitu, jangan karena cuaca panas, sehingga banyak minum air dingin, itu malah tidak baik. “Lebih baik perbanyak minum air putih saja,” jelasnya.

Selain membawa nama diri sendiri sebagai tamu Allah, lanjut dia, jamaah juga berangkat atas nama daerah dan bangsa. Karena itu, seluruh jamaah patut menyadari dan menjadikannya pengingat untuk menghindari hal-hal yang berpotensi mencoreng nama baik daerah dan negara. “Selamat jalan, semoga selamat sampai tujuan,” ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sultra, Abdul Kadir mengumumkan, jumlah JCH reguler Sultra tahun ini 2012 orang. Ditambah tim pemandu haji daerah (TPHD) sebanyak 14 orang. Kemudian 5 orang sebagai tim pemandu haji Indonesia (TPHI), dan sebanyak 12 orang tim kesehatan haji Indonesia (TKHI).

“Untuk pemberangkatan hari ini (rabu,red) khusus kloter 20. Seluruhnya adalah JCH asal Kota Kendari dan Konkep yang akan berangakat dengan tiga pesawat,” jelasnya. Pemberangkatan jamaah Sultra kata dia tidak hanya melalui Bandara Haluoleo. Tetapi seluruh bandara di Sultra dimanfaatkan oleh daerah masing masing dan daerah terdekat. “Kecuali JCH yang tergabung dalam kloter 24 yaitu Kolaka Utara akan melalui Pelabuhan Siwa untuk bergabung dengan jamaah asal Kabupaten Pangkep di sana, “tambah mantan Ketua KPU Sultra itu. Pria yang juga memimpin kloter 20 ini melanjutkan, seluruh jamaah harus selalu berada dalam pantauan pendamping.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top