Pariwara
Politik

Berkas Hasil Perbaikan Mulai Diverifikasi

Muhammad Azwar

KENDARIPOS.CO.ID — Meski baru diserahkan di masa injury time, sebanyak 15 partai politik (Parpol) mampu mengembalikan berkas hasil perbaikan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). Tiga Parpol yang terakhir mengembalikan berkas di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe yaitu Partai Garuda, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Perindo. Dari hasil verifikasi awal, berkas Bacaleg tiga tersebut dinyatakan lengkap.

“Sudah masuk semuanya. Partai Garuda, PKPI dan Perindo mengembalikan berkas antara pukul 22.00 Wita sampai 23.59 Wita. Jadi tidak ada yang melewati jam tengah malam,” ungkap Muhammad Azwar, Ketua KPUD Konawe saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/8).

Seluruh berkas yang masuk sambungnya, akan kembali diverifikasi sebelum ditetapkan sebagai daftar calon sementara (DSC). Sesuai tahapan, prosesnya akan berlangsung selama tujuh hari.

“Masa verifikasi berkas perbaikan mulai hari ini (Rabu;red) sampai tanggal 7 Agustus. Jadi seminggu waktu kita untuk melihat kembali apakah ada berkas yang belum melengkapi syarat. Kalau tidak memenuhi syarat, maka tetap kita tidak loloskan maju sebagai calon legislatif,” terangnya.

Setelah verifikasi kata dia, akan dilanjutkan tahapan penyusunan dan penetapan DCS. Berdasarkan jadwal, pelaksanaanya akan dimulai tanggal 8 s.d 12 Agustus mendatang.

“Setelah ditetapkan, kita akan umumkan. Selama pengumuman, masyarakat bisa memberi masukan dan tanggapan terhadap DCS. Namun laporannya harus disertai bukti kongkrit andaikan ada Caleg yang dianggap tidak memenuhi persyaratan. Nantinya DCS akan diperbaiki sebelum ditetapkan dalam DCT,” tutupnya. (b/hel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top