Pariwara
Buton Tengah

93 JCH Wakatobi Dilepas, Satu Jamaah Buteng Batal Berangkat

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
LEPAS JCH : Bupati Wakatobi, H. Arhawi menjabat tangan dengan para JCH usai seremoni pelepasan, rabu (1/8)

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 93 jamaah calon haji (JCH) asal Wakatobi dipastikan akan bertolak dari daerah menuju Makassar pada tanggal 2-3 Agustus. Sebelum menuju Embarkasi Makassar, Arhawi, menitip sejumlah pesan agar bisa ditunaikan selama menjalani ibadah di tanah suci. Dalam sambutannya, Arhawi bersyukur para JCH masih diberi kesehatan dan kekuatan fisik selama mengikuti manasik haji dan sampai pada tahap pelepasan. Meski ada beberapa calon yang masih dipantau kondisinya oleh tim medis. Dalam kesempatan tersebut, Wakatobi-1 ini mengingatkan seluruh JCH agar memanfaatkan waktunya sebaik mungkin selama beribadah di Mekkah.

“Ibadah haji bukan hanya soal kemampuan materi tapi kondisi fisik juga sangat penting. Jaga kesehatan dan semoga ibadahnya lancar, tidak kurang apapun. Selama di tanah suci, manfaatkan waktu untuk menunaikan salat lima waktu di masjid,” ungkapnya. Ia berharap agar para JCH mendoakan Kabupaten Wakatobi semakin lebih baik lagi. Selain itu, ia juga meminta agar para JCH menjaga lisan selama di tanah suci. “Jangan takabur selama di sana. Semoga perjalanan ibadah hajinya tidak mengalami kendala apapun dan seluruh JCH kembali dengan jumlah sama dan kondisi sehat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wakatobi, Khalifah, mengungkapkan, CJH tahun ini terdiri dari enam kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Togo Binongko, Tomia Timur, Kaledupa, Kaledupa Selatan, Wangiwangi dan Wangiwangi Selatan. “Ada 40 orang laki-laki dan 53 perempuan,” tandasnya. Kabagkesra Wakatobi, Sahibuddin, menjelaskan, seluruh kondisi JCH terus dipantau dan saat ini masih stabil. Mereka tergabung dalam Kloter 23 dan berangkat ke tanah suci pada tanggal 5 Agustus mendatang. “Alhamdulillah kondisi jemaah stabil. Memang ada beberapa yang masih dipantau tapi mudah-mudahan fisik masih kuat. Kita berharap semoga para jamaah kembali dengan selamat dan tidak kurang apapun,” tandasnya.

Sementara itu Pemerintah kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) juga resmi melepas keberangkatan 26 dari 27 orang JCH yang tergabung dalam Kloter 21 tersebut, Rabu (1/8). Salah seorang jamaah asal Kecamatan Gu, bernama Wa Engo batal berangkat ke tanah suci karena kondisi kesehatannya tak memungkinkan. Namun 26 orang yang berangkat dari Buteng juga belum dipastikan semua akan ke tanah suci, karena mereka harus melalui pemeriksaan kesehatan di Emberkasi Makassar.

Kabagkesra Buteng, La Ode Abdullah, menyampaikan, pengalaman tahun sebelumnya, para JCH Buteng yang tiba di Makassar harus dipulangkan karena gangguan kesehatan. Mereka tak mendapat izin dari tim medis untuk berangkat menunaikan ibadah haji. Apalagi jamaaah yang berangkat tahun rata-rata pada usia 50 tahun ke atas. “Tim medis Buteng mengantongi rekam jejak kesehatan para jamaah haji untuk dilaporkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Buteng, Muhtar, menjelaskan, 26 jamaah yang di lepas, terdiri dari 10 laki-laki dan 16 perempuan. Mereka tergabung dalam kloter 21 bersama JCH Baubau, Busel, Konut, Bombana dan Koltim. “Jamaah haji kita akan berangkat Kamis (2/8) melalui Bandara Betoambari, Baubau,” ujarnya. Sementara itu, Wabup Buteng, La Ntau mengungkapkan, pihaknya akan membiayai keberangkatan para jamaah ke emberkasi pergi-pulang (PP). Artinya, tiket pesawat, akomodasi dan konsumsi mereka selama diemberkasi akan menjadi tanggung jawab Pemkab Buteng. Sudah ada anggaran yang diporsikan. “Kami berharap para jamaah lebih memperhatikan kondisi kesehatan mereka dengan baik. Kami juga menitip doa agar mendoakan kemajuan pembangunan daerah kita ini,” pinta La Ntau. (c/thy/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top