Pariwara
Konawe Utara

Tiga Mercusuar Dibangun di Konut

Aris L

KENDARIPOS.CO.ID — Perairan Konawe Utara (Konut) kerap menjadi area perlintasan kapal-kapal yang memuat bahan baku ore nikel yang didistribusikan ke beberapa perusahaan smelter. Dengan kehadiran kapal-kapal besar yang berlayar di perairan Konut tersebut dibutuhkan fasilitas navigasi memadai untuk mengantisipasi dan mengurangi kecelakaan laut. Tahun ini, Dinas Perhubungan Konut telah menetapkan tiga titik lokasi untuk mendirikan menara mercusuar.

“Di Desa Lameruru, Kecamatan Langgikima, Desa Morombo Kecamatan Laskep dan Pulau Keramat di Desa Tokowuta, Kecamatan Wawolesea,” sebut Kepala Dinas Perhubungan Konut, Aris L, Selasa (31/7). Mantan Kabid Darat Dishub Konut itu menuturkan jika pembangunan menara mercusuar di Konut dibiayai APBN Kemenhub yang diturunkan melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut.

Terkait besaran anggaran yang diporsikan untuk membiayai tiga titik menara mercusuar, Aris tidak memastikan. Hanya saja, dana yang digelontorkan murni bersumber dari APBN Kemenhub. “Sekarang sementara dikerjakan,” sambungnya. Jika mercusuar tersebut telah berdiri, Aris yakin akan memberikan dampak positif terhadap arus lalu lintas di perairan Konut. Fasilitas tersebut tak hanya digunakan oleh kapal-kapal besar yang melintas, melainkan kapal nelayan juga bisa memanfaatkan rambu-rambu laut itu.

“Fungsi utama mercusuar ini sebagai kode atau alat bantu para pelaut. Navigator pasti melihat mercusuar sebagai patokan bila berada di perairan,” pungkasnya. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top