Pariwara
Muna

Pemkab Muna Prioritaskan Guru dan Perawat

La Kusa

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna bersiap menerima calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru pada tahun ini. Kebijakan itu tinggal menunggu formasi resmi yang dikeluarkan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Soal alumni apa saja yang berpeluang besar direkrut pemerintah daerah, Pemkab sudah memberi gambaran kebutuhan pegawai. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, La Kusa, menyebutkan rekrutmen CPNS akan memprioritaskan pegawai yang akan mengisi jabatan sebagai tenaga pendidik dan kesehatan. Kedua posisi itu masih sangat kurang.

“Kalau berbicara kebutuhan, Muna masih sangat kekurangan guru dan perawat. Mudah-mudahan di CPNS 2018 bisa terakomodir,” jelasnya, Selasa (31/7). Kendati memastikan kuota CPNS akan turun di Muna, namun dirinya belum bisa mengetahui berapa jumlah pegawai baru yang akan diterima, termasuk kuota guru dan perawat nantinya. Hanya saja, berdasarkan analisis jabatan, ia menyebut jika daerah ini butuh 700 guru PNS dan 300 perawat.

“Berkisar dijumlah itu. Perhitungannya sesuai perbandingan rasio. Hanya saja perlu digaris bawahi, jumlah tadi hanya analisis kebutuhan, soal berapa yang akan diterima, nanti tunggu pengumuman resmi. Termasuk petunjuk teknisnya, belum dikeluarkan juga,” argumen La Kusa.

Selain guru dan perawat, La Kusa juga menyebut jika alumnus Teknologi Industri juga berpeluang masuk diformasi CPNS. Itu berdasarkan kebutuhan daerah terkait pengembangan ekonomi kreatif. Apalagi Kabupaten Muna sudah mencanangkan visi menuju daerah industri pariwisata yang membutuhkan tenaga terampil untuk mendorong pertumbuhan usaha kecil menengah masyarakat.

“Selain itu, daerah ini butuh juga orang yang pandai di teknologi informatika untuk mendukung kebijakan e-budgeting daerah,” urainya. Rekrutmen CPNS di Muna sendiri diprediksi akan diikuti ribuan pelamar. Kebijakan moratorium yang sudah berjalan empat tahun sejak 2014 lalu membuat banyak alumni perguruan tinggi menganggur. “Prediksi saya, jabatan tadi yang saya sebutkan akan diperebutkan sekitar 7.000 pelamar. Tetapi yang pasti, sampai saat ini kami masih menunggu formasi resmi. Belum ada gambaran jumlah yang akan diterima, hanya saja paling memungkinkan sesuai jumlah pegawai pensiun sampai Desember nanti,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top