Pariwara
Konawe Selatan

DPM-PTSP Konsel Terapkan OSS

KAMALUDDIN/KENDARI POS
SISTEM ELEKTRONIK : Suasana rapat yang dilakukan pihak DPM-PTSP Konawe Selatan dalam persiapan penerapan sistem perizinan terintegrasi elektronik, selasa (31/7)

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) kian mengembangkan sistem pelayanannya. Dalam rangka penerapan online single submission (OSS) atau sistem perizinan terintegrasi elektronik, Pemkab Konsel melalui dinas terkait mulai mengaplikasikan, khususnya bagi dunia usaha di daerah tersebut.

Kepala DPM-PTSP Konsel, Hidayatullah, mengungkapkan, penerapan OSS tersebut merupakan kebijakan nasional dan sesuai Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2018 tentang perizinan. “Jadi lebih kepada penyederhanan layanan perizinan. Di Konsel, kami akan mengimplementasikan itu dengan menyosialisasikan proses OSS ke dunia usaha,” ungkapnya, Selasa (31/1).

Hidayatullah menjelaskan, dalam penerapan OSS, para pelaku usaha harus memiliki nomor induk berusaha (NIB) yang bisa diakses dan diregistrasi secara online. “Kita juga inginkan dunia usaha bisa mengakses informasinya dari berbagai media termasuk dari kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Perekonomian,” jelasnya. Hidayatullah mengaku, sebenarnya Pemkab Konsel sudah siap melaksanakan sistem OSS. Hanya yang menjadi kendala adalah kesiapan para pelaku usaha dan masyarakat pada umumnya, terkait teknologi informasi.

“Karena masyarakat masih gagap, mereka tidak punya email. Padahal mereka harus urus NIB,” sebutnya. Disisi lain salah satu kendalanya adalah sebagian usaha di kabupaten tidak memiliki NPWP atau laporan pajak tahunnya tidak tertib. “Sehingga tidak semua punya NIB. Jadi saya minta pada masyarakat pengusaha untuk proaktif mengikuti perkembangan terbaru. Atau datang ke kantor DPM-PTSP, kita siapakan layanan konsultasi,” pintanya. Untuk diketahui, penerapan OSS tersebut sudah diluncurkan pemerintah pusat sejak Juni 2018 lalu. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top