Space Iklan
Pariwara
Muna Barat

Bangun Irigasi, Bupati Muna Barat Porsikan Rp 5,4 Miliar

Rajiun Tumada

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada paripurna dalam menata otoritanya. Semua diperhatikan, tidak terkecuali sektor pertanian. Demi meningkatkan hasil pertanian masyarakat, dia memaksimalkan pembangunan irigasi. Tidak tanggung-tanggung, tahun ini diporsikan Rp 5,4 miliar. “Irigasi ini sangat dibutuhkan masyarakat. Makanya sangat penting untuk dimaksimalkan pembangunannya,” ungkap Rajiun. Mantan Kasat Pol PP Sultra ini menilai, kalau irigasi bagus, maka hasil pertanian masyarakat juga akan meningkat. “Itu yang kita harapkan,” ujarnya.

Pentingnya keberadaaan irigasi bagi petani lebih detail disampaikan Kabid Irigasi, Surachman. Kata dia, Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada saat ini selain concern pada infrastrukture jalan dan jembatan, juga membenahi infrasrukur irigasi sebagai penopang produktivitas sawah petani.
“Apa yang mau diangkut jika jalan dan jembatan sudah bagus. Maka haruslah juga ada pembenahan infrastruktur irigasi agar produktivitas petani semakin meningkat. Dan jalan atau jembatan yang sudah baik dapat digunakan secara optimal untuk mengangkut hasil produksi pertanian masyarakat,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kelompok tani pemakai air di daerah Irigasi Kabupaten Muna Barat sangat bahagia dan bersyukur karena pada tahun ini Pemkab Muna Barat telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan peningkatan dan pemeliharaan jaringan irigasi. “Hal ini merupakan wujud kepedulian Bupati Mubar pada upaya mendukung program kedaulatan pangan nasional khususnya pada aspek pemenuhan infrastruktur pengairan yang memadai dan berkualitas,” jelasnya.

Apalagi, lanjut Surachman salah satu sektor andalan Mubar adalah pertanian. “Alhamdulillah, kami sudah mencoba menyerap aspirasi para petani pemakai air di daerah irigasi Kasimpa dan Katangana. Rata-rata mereka sangat terbantu dan optimis hasil pertanian meningkat,” jelasnya. Kelompok Tani di Desa Lawada sangat mengapresiasi program Pemkab dalam pemeliharaan jaringan irigasi. “Alhamdulillah, Pak Rajiun Tumada menjawab keluhan kami. Selama ini kami selalu berebut air. Tapi sejak adanya irigasi ini, kami sudah tidak merasa kesulitan lagi dalam mengairi sawah. Hasil pertanian juga terus meningkat,” imbuhnya. (b/yaf)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top