Pariwara
Metro Kendari

Rabu Besok, JCH Sultra Kloter 20 Menuju Embarkasi Makassar

KENDARIPOS.CO.ID — Jemaah calon haji (JCH) asal Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai mempersiapkan diri menuju Jeddah, Saudi Arabia. Kelompok terbang (Kloter) 20 akan menjadi kelompok pertama yang menginjakan kaki di tanah suci. Rencananya, mereka akan diberangkatkan 1 Agustus, besok. Sebelum terbang ke Madinah, terlebih dulu singgah di Embarkasi Makassar. Hari berikutnya baru menuju Jeddah.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sultra, La Maidu mengatakan kesiapan JCH hampir rampung. Tinggal beberapa, misalnya soal visa 11 JCH yang belum tuntas. “Secara umum JCH sudah siap berangkat,” ujarnya, Senin (30/7/2018). Kloter 20 adalah JCH asal Kota Kendari. Mereka dapat giliran pertama berangkat. Sementara itu, 41 JCH asal Kabupaten Buton Utara (Butur) dijadwalkan bakal berangkat ke tanah suci, 2 Juli mendatang. Tamu Allah yang hendak menunaikan rukun Islam kelima itu tengah berbenah menyiapkan segala keperluan.

“JCH dijadwalkan meninggalkan Buton Utara, 2 Agustus menuju embarkasi Makassar. Untuk rangkaian keberangkatan itu dimulai tanggal 1 Agustus sekaligus pelepasan dan dirangkaikan dengan pawai,” kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Butur, Rustam saat ditemui di kantornya, Senin (30/7). Rustam merinci, 41 orang JCH terdiri dari 14 laki-laki dan 27 perempuan, seluruhnya berasal dari Butur. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah calon jemaah haji bertambah. “Tahun lalu yang berangkat 13, sekarang ada peningkatan 41 orang calon jamaah haji,” terangnya.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir mengaku akan memimpin langsung kloter 20 tersebut. Dirinya bersyukur karena tahun ini, bisa langsung memantau sendiri jalannya ibadah haji hingga ke tanah suci. Sebab, setelah mengikuti seleksi ketat, akademisi IAIN Kendari itu lolos menjadi salah satu Tim Pembimbing Ibadah Haji (TPIH). “Saya akan berangkat bersama JCH di kloter 20. Suatu kesyukuran karena saya pun melewati seleksi,” jelasnya. Selain kesiapan jemaah kata dia, seluruh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) juga sudah siap melaksanakan tugasnya. Para petugas itu terus diingatkan mengenai tugas masing-masing melalui beberapa kali rapat koordinasi. “Insya Allah siap semua, PPIH juga, tim medis dan lain-lain sudah tahu tugasnya masing-masing,” imbuhnya. (b/ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top