Pariwara
Edukasi

Mahasiswa UHO Dilatih Berwirausaha

Agus Setiawan/Kendari Pos
Ketgam: Kepala BLLM Kemendes PDTT, Sumardi (kiri), bersama Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UHO, Dr. Nur Arafah (kedua kiri) dan Sekretaris Balilatfo Kemendes PDTT, Jajang Abdullah (kedua kanan) menyempatkan diri berfoto bersama peserta pelatihan wirausaha yang berlangsung di Ruang Senat F-MIPA UHO, Senin (30/7).

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 40 mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) mengikuti pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan Balai Latihan Masyarakat Makassar (BLLM) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KDPDTT), senin (30/7). Kegiatan yang berlangsung di ruang senat Fakultas Matematika dan IPA UHO tersebut, bertujuan untuk memberikan bekal berwirausaha kepada mahasiswa agar ke depan mereka tidak lagi sebagai pencari kerja, melainkan sudah menjadi pencipta lapangan kerja.

Hal itu diungkap Kepala BLLM Kemendes PDTT, Sumardi. Kata dia, peserta yang mengikuti pelatihan kewirausahaan nantinya akan dilatih para ahli entrepreneur baik dari BMML Kemendes PPDT maupun lembaga perbankan. “Pelatihan ini diperuntukkan kepada mahasiswa yang sudah memiliki usaha dan poin terpenting mahasiswa itu berasal dari desa. Misalnya sekarang ada 40 peserta, 50 persennya jadi pengusaha dari setiap pengusaha minimal memperkerjakan 3 sampai 4 orang, kan sudah lumayan, apalagi diaplikasikan di desa dimana mahasiswa itu berada, akan jadi lebih sempurna,” beber Sumardi.

Dijelaskan bahwa pelatihan ini sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 5 Tahun 2015 tentang peningkatan kinerja desa. Saat ini, di di Pulau Sulawesi ada 2410 desa. “Yang menjadi target kami, khusus di Sultra ada 580 desa tertinggal yang akan kita dorong menjadi desa berkembang,” tambahnya.

Kegiatan ini, juga dihadiri oleh Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Pelatihan dan Informasi Kemendes PDTT, Jajang Abdullah. Dia menyampaikan, pelatihan ini merupakan pelatihan petama yang pihaknya lakukan di Perguruan Tinggi Untuk Desa (Pertides). “UHO merupakan pionir pelatihan ini dari 11 Pertides yang ada di Indonesia,” ujar Jajang.

Pihak Kemendesa, lanjut Jajang, ingin mendorong semua mahasiswa khususnya binaan UPT Kewirausahaan UHO untuk berwirausaha. “Kami akan latih mereka, kemudian nanti kami akan buka akses permodalan untuk usaha mereka, juga mem buka jejaring pemasaran supaya produk yang mereka hasilkan bisa terjual,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UHO, Dr. Nur Arafah, mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan pihak BLLM Kemendes PDTT. Ia berharap ke depan pelatihan serupa bisa dihelat secara rutin di UHO, “Saya harap kepada para mahasiswa, agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini, supaya bisa memperbaiki taraf hidupnya,” pungkasnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top