Pariwara
Metro Kendari

Lanud Kendari Sterilkan Bandara dari Ancaman, Jika Membahayakan Langsung Tembak di Tempat

Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin (ketujuh dari kiri) menyerahkan cinderamata kepada Danlanud HLO Kendari, Kolonel Pnb. Nana Resmana (kedelapan dari kiri) saat melakukan kunjungan silaturahmi di Lanud HLO, Senin (30/7)

KENDARIPOS.CO.ID — Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) tak hanya menjadi ujung tombak dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun, mereka juga memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keselamatan penerbangan komersial dari berbagai ancaman. Seperti yang dilakukan Pangkalan Udara (Lanud) Haluoleo (HLO) Kendari yang selalu siaga mensterilkan Bandara Haluoleo agar aktivitas penerbangan sipil berjalan lancar.

Hal itu diungkapkan Komandan Lanud HLO Kendari, Kolonel Pnb Nana Resmana saat menerima kunjungan silaturahmi Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran di kantornya, Senin (30/7). Selain memiliki tugas utama menjaga wilayah teritorial Indonesia, keselamatan penerbangan komersial juga sangat penting. Wilayah teritorial Lanud HLO Kendari mencakupi seluruh wilayah Sulawesi Tenggara dan sebagian wilayah Sulawesi Tengah. “Bandara Haluoleo ini yang digunakan untuk penerbangan sipil masuk di wilayah kami. Sudah pasti, kami memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keselamatan penerbangan di sini. Kami terkadang tak bisa tenang jika belum selesai seluruh penerbangan komersial setiap harinya,” ungkap Kolonel Pnb Nana Resmana.

Banyak ancaman, kata dia, yang dapat mengganggu penerbangan di Bandara Haluoleo. Di daerah tersebut, masih banyak hewan liar sering mendekat ke area runway. Tak sedikit babi hutan, anjing liar, ternak yang sering masuk ke kawasan bandara. “Jika hewan-hewan ini masuk ke runway, itu sangat membahayakan penerbangan. Ratusan orang yang bisa menjadi korban. Kami harus mensterilkan kawasan tersebut dari ancaman hewan liar ini. Terkadang kami harus begadang hingga penerbangan komersial berakhir. Jika ada hewan liar, langsung kami tembak. Penjagaan ini kami lakukan tiap hari,” ungkapnya.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top